Sabtu 19 Sep 2020 12:34 WIB

Menpora: Surabaya Bisa Gelar Pembukaan Piala Dunia U-20

Surabaya begitu siap melakukan pembenahan infrastruktur jelang Piala Dunia U-20.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Menpora Zainudin Amali.
Foto: Dok. Pri
Menpora Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, meninjau Gelora Bung Tomo, Surabaya, sebagai salah satu stadion untuk menggelar Piala Dunia U-20, Jumat (18/9). Dari hasil tinjauan tersebut, Menpora memberi pertimbangan untuk menjadikan Surabaya sebagai tempat seremoni pembukaan acara.

"Kalau saya lihat dari kesiapan Surabaya menyambut Piala Dunia U-20, saya rasa layak untuk dijadikan tempat pembukaan. Tapi semua tergantung oleh FIFA, mungkin kita hanya bisa merekomendasikan," kata Menpora dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9).

Secara keseluruhan, Menpora puas dengan kesiapan Surabaya menyambut Piala Dunia U-20 tahun depan. Di Gelora Bung Tomo, ia langsung mendapat penjelasan secara detail pembenahan venue.

"Hari ini saya sudah meninjau stadion utama GBT hingga lapangan pendukung untuk latihan peserta Piala Dunia U-20 tahun depan, seperti Lapangan THOR, Gelora 10 Nopember, dan Stadion Bangkalan, Madura," kata Zainudin

Menpora melihat Surabaya begitu siap menyiapkan pembenahan infrastrukturnya. Yang mengagetkan, akses jalan ke GBT yang sebelumnya banyak diragukan orang ternyata oleh Pemerintah Kota Surabaya sudah disiapkan alternatif lima jalan baru menuju stadion utama. "Ini perkembangan yang luar biasa," ujarnya.

Pasca-dikeluarkanya Keppres No 19 Tahun 2020 dan Inpres No 8 Tahun 2020 terkait Piala Dunia U-20, Surabaya menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Menpora RI.

Menpora berharap keseriusan Surabaya dalam melakukan renovasi bisa diikuti stadion lainnya. Lima stadion lain yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 yakni, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

Sementara, Wakil Ketua INAFOC, Iwan Budianto, merasa puas dengan kecepatan Surabaya dalam melakukan pembangunan venue untuk Piala Dunia U-20. "Saya hari ini bersama Menpora RI telah melihat langsung bagaimana proses renovasi Stadion GBT dan lapangan pendukung lainnya. Saya kira persiapan yang dilakukan luar biasa. Saya yakin semua berjalan tepat waktu," kata Iwan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement