Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Jokowi: Pengungsi Gempa Cianjur Ingin Pembangunan Rumah Segera Dimulai

Senin 05 Dec 2022 12:44 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pengungsi gempa Cianjur ingin pembangunan rumah dimulai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut pengungsi gempa Cianjur ingin pembangunan rumah dimulai.

Foto: tangkapan layar
Presiden Jokowi sebut pengungsi gempa Cianjur ingin pembangunan rumah dimulai.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dan menyapa penduduk yang mengungsi di Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12/2022). Jokowi memastikan, kondisi pengungsi dalam keadaan baik.

“Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai,” ujar Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Baca Juga

Jokowi menyampaikan, kedatangannya di Cianjur untuk memastikan pembangunan rumah bagi warga terdampak yang direlokasi dapat dimulai pada hari ini. “Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” imbuhnya.

Ia juga memastikan bahwa pemilihan kawasan relokasi bagi warga tersebut sudah melalui kajian dari instansi yang berwenang di bidangnya. Dengan demikian lokasi tersebut dipastikan lebih aman bagi warga.

“Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait Badan Geologi sudah semuanya,” katanya.

Sementara itu, pemberian bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak baik berat, sedang, maupun ringan akan disalurkan pada Kamis (8/12/2022) nanti. Saat ini, kata Jokowi, proses verifikasi jumlah rumah yang terdampak dan juga persiapannya masih dilakukan.

“Yang kedua, nantiKamis, ini baru persiapan termasuk verifikasi semuanya selesai. Nanti hari Kamis untuk bantuan yang bukan relokasi, yang bantuan Rp 50 juta, Rp 25 juta, dan Rp 10 juta juga akan diberikan hari Kamis, mulai diberikan,” kata Jokowi.

Penyerahan dana bantuan perbaikan rumah tersebut akan diberikan melalui beberapa skema, yakni di antaranya akan diberikan secara langsung maupun melalui tabungan.

Dengan diberikannya bantuan perbaikan rumah yang terdampak gempa, Jokowi berharap masyarakat bisa mulai beraktivitas membangun rumahnya dan juga bisa mendorong kegiatan ekonomi warga setempat.

Baca juga : Pemkab Cianjur Siapkan Lahan Relokasi Korban Gempa Cianjur

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA