Senin 05 Dec 2022 04:02 WIB

Ungkap Hubungan Dekatnya dengan Erick Thohir, Ganjar: Beliau Jagoan Ekonomi Global

Ganjar mengaku sering berbincang dengan Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkap hubungannya dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Orang nomor satu di Jateng ini mengaku punya hubungan dekat bersama Erick Thohir.

Hubungan dekat ini dibeberkan terjalin lantaran sering berdiskusi dengan Erick Thohir terkait perekonomian global saat ini dan pengaruhnya untuk Indonesia ke depan. “Saya sering berbicara bersama Mas Erick Thohir terkait ekonomi global, jagoan beliau,” kata Ganjar di Semarang.

Erick Thohir adalah pemimpin yang tidak hanya sukses di dalam negeri tetapi juga di dunia internasional. Sebelum berkecimpung di pemerintahan karena menerima amanah dari Presiden Jokowi, ia berstatus sebagai pengusaha internasional.

Kiprah Erick Thohir di luar negeri pernah menyandang status sebagai presiden salah satu klub sepak bola terbesar di dunia, Inter Milan. Selain itu, Erick Thohir juga pernah memiliki salah satu klub bola basket terbesar di dunia yang berlaga di NBA yakni Philadelphia 76ers. Begitu juga dengan DC United di Amerika Serikat pernah merasakan kepemimpinan Erick Thohir hingga berhasil mendatangkan pemain bola kenamaan yakni Wayne Rooney.

 

Berkat kepiawaiannya memimpin di luar negeri, Erick Thohir kemudian ditarik oleh Presiden Jokowi untuk mengabdi kepada negara. Di dalam negeri ia kemudian diberikan amanah sebagai Menteri BUMN dan kini berhasil mentransformasi BUMN menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Meski sudah mengabdi untuk Indonesia, pengaruh Erick Thohir di luar negeri tidak hilang begitu saja. Ia masih mengemban posisi sebagai Anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Sebagai status IOC ia juga menerima penugasan strategis untuk menyukseskan Indonesia khususnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai tuan rumah Olimpaide dan Paralimpiade 2036. Sebelum itu, Eks Presiden Inter Milan ini juga berhasil menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA karena tragedi Kanjuruhan di Malang.

Karena itu Ganjar memberikan candaannya kepada Erick Thohir yang memiliki tugas berat di mana sebagai Menteri BUMN namun juga membantu PSSI. “Pak Menteri BUMN, saya tahu walaupun senyum tapi targetnya berat. Target untuk mengurusi BUMN malah ditambahi lagi dengan PSSI,” kata Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement