Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Tiba di DPR, Yudo Dapat Pesan dari Andika

Jumat 02 Dec 2022 13:58 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ilham Tirta

Laksamana TNI Yudo Margono (kiri).

Laksamana TNI Yudo Margono (kiri).

Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Yudo akan menjalani uji kelayakan sebagai calon Panglima TNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laksamana Yudo Margono tiba di Komplek Parlemen dan langsung menuju ruang transit Komisi I DPR. Sesuai jadwal, Yudo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon tunggal Panglima TNI baru yang diajukan Presiden Joko Widodo.

Kepala Staf Angkatan Laut tersebut baru tiba sekitar 13.10 WIB, ditemani beberapa petinggi TNI. Walau tidak terlihat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Yudo mengaku sudah mendapatkan pesan khusus dari Andika untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan itu.

Baca Juga

"Pesannya beliau pasti lancar," kata Yudo, Jumat (2/12/2022).

Sayangnya, Yudo memang belum ingin memberikan pernyataan media sebelum menyelesaikan rangkaian fit and proper test dan langsung menuju ruang transit. Yudo meminta sesi wawancara dilakukan setelah rangkaian proses selesai dilakukan.

"Nanti saja ya setelah saya ke luar," ujar Yudo.

Sebelumnya, Panglima Andika mengatakan, Yudo yang ditunjuk sebagai calon tunggal Panglima TNI akan banyak menghadapi tantangan. Sebab, masalah akan selalu ada.

Andika mengaku tidak memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait calon Panglima TNI untuk menggantikannya. Ia menekankan, Jokowi sendiri yang mempercayakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) sebagai calon Panglima TNI.

"Ini pasti sudah melalui berbagai pertimbangan, presiden yakini Pak Yudo akan mampu menjadi Panglima TNI," kata Andika di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA