Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Survei CSIS Temukan Popularitas Prabowo Tertinggi di Kalangan Anak Muda

Senin 26 Sep 2022 15:16 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Gerindra menduduki posisi teratas dalam survei popularitas di kalangan anak muda oleh CSIS.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Gerindra menduduki posisi teratas dalam survei popularitas di kalangan anak muda oleh CSIS.

Foto: Republika/Prayogi
Popularitas Prabowo Subianto di kalangan muda bahkan hampir capai 100 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei terbaru dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) menemukan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah tokoh yang paling banyak dikenal di kalangan anak muda. Bahkan, popularitas Prabowo mendekati angka 100 persen.

"Paling tinggi adalah Pak Prabowo, yakni 96,9 persen populasi anak muda mengenalinya," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes saat memaparkan hasil surveinya secara daring, Senin (26/9/2022).

Baca Juga

Setelah Prabowo, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan popularitas 91 persen, kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 85,4 persen, disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 84,4 persen.  Selanjutnya barulah nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan popularitas 72,7 persen. Lalu Ketua DPR RI Puan Maharani 69,9 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 57,6 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 57,2 persen.

"Jadi kalau saya lihat hanya delapan tokoh (tersebut) yang pengenalan publiknya sudah di atas angka 50 persen," kata Arya.

Arya mengatakan, tokok publik yang popularitasnya di bawah 50 persen di kalangan anak muda adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan angka 43,6 persen, Panglima TNI Andika Perkasa 33,8 persen, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 32,7 persen.  Kemudian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 30,6 persen, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan 23,5 persen, dan Presiden PKS Salim Segaf Al-Jufri 14,7 persen.

Untuk diketahui, survei CSIS ini khusus memotret persepsi anak muda. Populasi survei ini adalah penduduk Indonesia berusia 17-39 tahun. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah sampel survei ini adalah 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sample. Menggunakan 1.192 sample, margin of eror survei ini sebesar 2,84 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA