Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Jokowi Respons Soal Restu Pencalonan Prabowo di 2024

Jumat 12 Aug 2022 19:01 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi oleh sejumlah petinggi Partai Gerindra saat menghadiri pembukaan Rapimnas partai  Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Rapimnas yang dihadiri tokoh-tokoh partai Gerindra dan ribuan kader tersebut akan membahas beberapa agenda diantaranya menyikapi situasi politik terkini, mendapatkan masukan dari pimpinan partai di daerah serta sayap-sayap partai, sekaligus membahas arah politik Prabowo dan menentukan sosok calon presiden (capres) yang akan diusung partai tersebut pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi oleh sejumlah petinggi Partai Gerindra saat menghadiri pembukaan Rapimnas partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Rapimnas yang dihadiri tokoh-tokoh partai Gerindra dan ribuan kader tersebut akan membahas beberapa agenda diantaranya menyikapi situasi politik terkini, mendapatkan masukan dari pimpinan partai di daerah serta sayap-sayap partai, sekaligus membahas arah politik Prabowo dan menentukan sosok calon presiden (capres) yang akan diusung partai tersebut pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Foto: Prayogi/Republika.
Prabowo Subianto kembali didukung untuk maju sebagai calon presiden di pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terkait kabar telah memberikan restunya kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden di pemilu 2024.

“Istilahnya saya kira karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan, ndak, kan nggak gitu mustinya. Ya silakan,” ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/8).

Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan demokrasi di Indonesia. Selain itu, sebagai Presiden, dia juga mempersilakan jika ada menterinya yang menyampaikan hal tersebut kepada dirinya.

“Gak mungkin Presiden ada misalnya menteri yang ke saya untuk menyampaikan itu, kemudian saya bilang tidak, nggak bisa. Ya silakan,” kata dia.

Jokowi pun juga mempersilakan masyarakat jika menafsirkan hal tersebut sebagai bentuk restu untuk maju di pilpres 204 nanti. “Bahwa itu ditafsirkan sebagai restu ya silakan juga,” ucap Jokowi.

Seperti diketahui, Prabowo Subianto kembali didukung untuk maju sebagai calon presiden di pilpres 2024 nanti. Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut, mayoritas kadernya pun mendukung kembali pencalonan Prabowo di pilpres 2024.

Rapimnas Partai Gerindra yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 12-13 Agustus ini diselenggarakan untuk mendengarkan kesiapan Prabowo untuk kembali menjadi capres. Prabowo sendiri sebelumnya mengaku siap kembali mencalonkan diri sebagai capres.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA