Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Ini Rincian Agenda Pertemuan KIB di Surabaya

Kamis 11 Aug 2022 00:47 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto , Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan , dan Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa  bertumpu tangan bersama usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP telah resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU. Prayogi/Republika

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto , Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan , dan Ketua Umum DPP PPP Suharso Monoarfa bertumpu tangan bersama usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP telah resmi mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU. Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika.
Koalisi Indonesia Bersatu akan mengelar pertemuan di Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizky Sadiq menjelaskan agenda pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Surabaya pada 14 Agustus nanti. Dia mengungkapkan, ketiga ketua umum partai koalisi bakal mematangkan visi dan misi KIB.

"Jadi kalau bahasanya Pak Airlangga ini adalah chapter kedua, karena kemarin di tingkat pusat kalau masing-masing partai melakukan konsolidasi di internal masing-masing dan sekarang masuk ke wilayah provinsi masing-masing," kata Ahmad Rizky Sadiq di Jakarta, Rabu (10/8).

Baca Juga

Hal tersebut diungkapkan Ahmad Rizky saat saat mengawal pendaftaran tiga partai koalisi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia melanjutkan, berkumpulnya ketua umun partai koalisi itu juga dilakukan sekaligus merancang agenda-agemda dan langkah-langkah yang akan dilakukan usai pertemuan tersebut.

"Bahasa kami adalah chapter-chapter lanjutan tapi ini dilakukan di Jawa Timur, Surabaya tuan rumahnya adalah PAN Jawa Timur," katanya.

Dia mengungkapkan, kegiatan penyampaian visi misi itu juga akan mengundang rektor-rektor kampus hingga akademisi di Surabaya dan sekitarnya. Ahmad Rizky yang juga ketua pelaksana pertemuan itu melanjutkan, KIB juga akan mengundang beberapa pengamat politik.

"Setidaknya supaya menjadi kajian di kalangan akademisi, maupun pengamat politik sejauh mana KIB untuk membangun sebuah politik yang dingin, politik tidak terbelah, politik yang merangkul semua," katanya.

Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan, pertemuan itu bakal akan menjadi konsolidasi di tingkat wilayah atau provinsi KIB. Menurutnya, Surabaya dipilih lantaran Jatim dianggap sebagai wilayah heterogen dengan blok-blok sangat cair antara kalangan nahdiyin, marhaen, akademisi hingga pemikir.

"Sehingga kemudian diharapkan ada respons dari masyarakat Jawa timur khususnya berkaitan dengan ide-ide gagasan KIB," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA