Jumat 04 Feb 2022 14:18 WIB

Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Binjai-Stabat

Jika pembangunan jalan tol sudah rampung maka dapat menghubungkan Sumut dengan Aceh.

Rep: Dessy Suciati/ Red: Bilal Ramadhan
Sebuah mobil melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) seksi I Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Stabat di kawasan Stabat, Langkat, Sumatera Utara.
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Sebuah mobil melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) seksi I Binjai-Pangkalan Brandan ruas Binjai-Stabat di kawasan Stabat, Langkat, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat di Kabupaten Langkat sepanjang 11,8 km untuk mendukung kelancaran konektivitas. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa yang sepanjang 131 km.

“Alhamdulillah hari ini ruas jalan tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km, alhamdulillah telah siap dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran konektivitas,” kata Jokowi saat peresmian yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (4/2).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, jika pembangunan jalan tol ini sudah rampung seluruhnya maka dapat menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan dari Lampung hingga Aceh.

Menurut Jokowi, jalan nasional yang terkoneksi antarprovinsi ini akan menghubungkan sentra produksi di berbagai daerah sekitar, serta menghubungkan kawasan pariwisata, pertanian, dan juga perkebunan.

 

Selain itu, jalan tol ini akan mempermudah akses daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan serta membuka peluang usaha baru di sekitar jalan tol.

Pembangunan jalan tol ini juga akan meningkatkan daya saing berbagai komoditas di daerah. Jokowi menilai, selama ini produk-produk dalam negeri selalu kalah saing dengan produk-produk impor karena harganya yang terlalu tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya biaya logistik dan juga transportasi.

“Saya berani menjamin tidak akan kalah harganya dibandingkan harga-harga impor. Kita ini sering kalah produk kita dengan barang impor karena harga kita terlalu tinggi,” jelas dia.

Jokowi pun menegaskan, pembangunan jalan tol ini tak hanya membangun secara fisik saja. Pembangunan jalan tol, kata dia, akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat.

Pembangunan jalan tol juga akan mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara, seperti wisata Bukit Lawang di Bohorok, kawasan wisata Tangkahan, dan kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjung Pura Langkat.

Ia mengatakan, masyarakat sekitar pun dapat memanfaatkan infrastruktur jalan tol ini untuk mengembangkan potensi yang dimiliki di masing-masing daerahnya.

“Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini, kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Baik tadi saya sampaikan pertanian, wisata, perkebunan, perikanan dan lain-lainnya,” ujar Jokowi.

Presiden berpesan agar pembangunan infrastruktur ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung berbagai usaha baru, meningkatkan lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement