Rabu 23 Dec 2020 10:53 WIB

BGS Gantikan Terawan Jadi Menkes, DPR: Tugas Berat Menanti

Saleh menyebutkan tugas berat menanti BGS dan harus ditangani dengan serius.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Budi Gunadi Sadikin
Foto: Republika
Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Dapil Sumut II dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menyambut baik ditunjuknya Budi Gunadi Sadikin (BGS) menggantikan Terawan Agus Putranto menjadi menteri kesehatan (menkes). Saleh menyebutkan tugas berat menanti BGS dan harus ditangani dengan serius.

Saleh mengaku menghormati keputusan presiden yang telah menunjuk enam orang menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju. 

Baca Juga

"Khusus BGS, banyak harapan dan ekspektasi yang dilekatkan di pundaknya. Ada banyak tugas di kementerian kesehatan yang perlu ditangani secara serius," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (24/12).

Selain masalah rutin yang dihadapi setiap tahun, dia melanjutkan, persoalan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) tentu menjadi persoalan yang tidak mudah diatasi. Dia menyadari, banyak orang yang meragukan BGS dan keraguan itu beralasan. Sebab, BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan. Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya dimana menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran.

 

"Keraguan itu harus dijawab oleh pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai menkes sangat berat, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini," katanya.

Namun demikian, dia meyakini dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga yang pernah dilakoni sebelumnya, tugas memimpin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan dapat dijalankan dengan baik. Setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan. Tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin kementerian kesehatan. "Nah, kita semua berasumsi bahwa pak BGS pasti lebih bagus. Itu tantangan yang harus dibuktikan oleh BGS," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat menunggu pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semua berharap agar kita segera lepas dari kungkungan covid-19. "Dengan begitu, perekonomian kita lambat laun akan semakin membaik," ujarnya.

Ia berharap, keenam menteri baru ini dapat menambah kekuatan bagi pemerintah untuk meningkatkan performa dalam melayani masyarakat. Karena itu, ia berharap semua pihak dapat memberikan waktu kepada mereka untuk bekerja dan menorehkan prestasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement