Kamis 19 Mar 2020 13:21 WIB

Cegah Corona, Legislator Demokrat: Lakukan Isolasi Kawasan

Legislator Demokrat meminta pemerintah ambil kebijakan isolasi kawasan cegah corona.

Putu Supadma Rudana.(dpr)
Foto: dpr
Putu Supadma Rudana.(dpr)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Putu Supadma Rudana menilai kebijakan isolasi kawasan atau lockdown dapat menekan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Kebijakan tersebut menurutnya sudah terbukti berhasil dilakukan di beberapa negara.

"Saya sudah berulangkali mengingatkan, pemerintah seharusnya belajar dari negara lain untuk menekan penyebaran Covid-19 ini dengan melakukan lockdown," katanya di Jakarta, Kamis (19/3).

Baca Juga

Hal itu disampaikannya terkait perkembangan kasus positif corona di Indonesia, pada Rabu (18/3) bertambah menjadi 227 orang. Putu menilai fenomena Covid-19 di Indonesia seperti efek bola salju, yang bergulir dari kecil dan akan terus membesar sehingga pemerintah jangan terkesan menyepelekan persoalan tersebut karena saat ini korban meninggal sudah 19 orang.

"Segera ambil sikap lakukan lockdown karena virus ini terus membuat masyarakat khawatir dan bingung karena masih belum terdeteksi," ujarnya.

Menurutnya, jika kebijakan isolasi kawasan diberlakukan, maka masih banyak cara untuk menekan dampak ekonomi yang terjadi di masyarakat. Wakil ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen DPR mengusulkan agar pemerintah dari pintu ke pintu memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Pemberian Beras Gratis kepada masyarakat saat masa isolasi kawasan nanti.

"Ini adalah solusi yang paling cepat dan tepat untuk membantu masyarakat melewati masa-masa sulit seperti saat ini," katanya.

Selain itu Putu mengapresiasi langkah Presiden Jokowi menghentikan kunjungan kerja dan perjalanan dinas pemerintah dan dana tersebut bisa dialihkan untuk program BLT atau BLSM (Bantuan Langsung Sementara) kepada masyarakat. Menurutnya, anggaran perjalanan dinas pemerintah itu harus dialihkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat berupa kebutuhan pokok di beberapa wilayah yang terkena dampak pademi Covid-19.

"Misalnya sembako, obat obatan, masker, makanan bayi dan juga tentu popok bayi. Jadi pemerintah harus segera melakukan isolasi kawasan untuk menekan penyebaran Covid-19 ini," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement