Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Pegiat Medsos Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Ahad 07 Apr 2019 08:08 WIB

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Muhammad Hafil

Pemilu (ilustrasi).

Pemilu (ilustrasi).

FPMSI melakukan gerakan literasi untuk menangkal berita hoaks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Komunitas pegiat media sosial mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun ini. Hal ini dimaksudkan agar warga dari berbagai kalangan terlibat aktif menentukan estafet kepemimpinan bangsa untuk lima tahun mendatang.

Dukungan terhadap suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 datang dari berbagai elemen masyarakat. Salah satunya dukungan juga datang dari para pegiat media sosial yang terdiri dari kalangan bloger, vloger, youtuber, dan content creator. Mereka tergabung dalam Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI). 

FPMSI menggelar deklarasi dan aksi kebangsaan di area Car Free Day (CFD). Tepatnya di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (7/4). Untuk kesekian kalinya FPMSI melaksanakan gerakan literasi melawan berita bohong dan menggunakan hak pilih.

Baca Juga

Ribuan warga yang tengah berolahraga pagi di kawasan Car Free Day (CFD) kawasan Sudirman-Thamrin  dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Aksi yang sama juga pernah digelar pada pekan sebelumnya.

Dukungan masyarakat diwujudkan dengan bersama-sama membacakan deklarasi menyukseskan Pemilu 2019 tanpa kebohongan. Juga tanpa golput dan tanpa takut menggunakan hak pilih. Mereka juga membubuhkan tanda tangan di atas spanduk raksasa bertuliskan ajakan positif tersebut.

Ketua FPMSI Rusdil Fikri menjelaskan pihaknya berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah diprovokasi pihak tak bertanggung jawab. “Masyarakat harus berani menolak ajakan golput dan harus menggunakan hak pilih dengan cerdas serta menjaga persatuan bangsa demi suksesnya keberlanjutan pembangunan Indonesia dan kemajuan bangsa,” katanya.

Sosialisasi dan ajakan ini diharapkan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat khususnya kalangan pegiat media sosial . FPMSI berkontribusi mengedukasi masyarakat dalam bermedia sosial guna sukseskan Pemilu 2019.

Dalam sosialisasinya, FPMSI akan membagi-bagikan stiker kepada masyarakat peserta car free day. Tulisannya “Lawan Hoax Tolak Golput Dan Jangan Takut Memilih Demi Suksesnya Keberlanjutan Pembangunan Indonesia“.

“Mari wujudkan pesta demokrasi dengan riang gembira, tanpa takut memilih dan jangan golput untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Rusdil Fikri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA