Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Relawan Jokowi Targetkan Raihan 35 Persen Suara di Sumbar

Senin 04 Mar 2019 17:43 WIB

Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Festival Sarung Indonesia. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan Menteri kabinet kerja saat menghadiri acara Festival Sarung Indonesia 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (3/3).

[ilustrasi] Festival Sarung Indonesia. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo dan Menteri kabinet kerja saat menghadiri acara Festival Sarung Indonesia 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (3/3).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pada Pilpres 2014, Jokowi kalah dari Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Forum Relawan Komunikasi Pemenangan Jokowi  (RKPJ) 2019 Mayjen (purn) Hartind Astrin menargetkan pasangan Jokowi- Ma'ruf mendapatkan 35 persen suara dalam pemilu presiden 17 April 2019 di Sumatra Barat (Sumbar). Pada Pilpres 2014, Jokowi kalah dari Prabowo.

"Jumlah tersebut cukup logis karena pada Pemilu 2014 capaian suara Jokowi paling rendah se-Indonesia dan kami terus berupaya mendongrak dalam masa kampanye ini," kata dia di Padang, Senin (4/3).

Hartind mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 27 forum relawan Jokowi yang mendeklarasikan diri dan berada di bawah komando RKPJ 2019. Relawan tersebut memiliki misi untuk meningkatkan capaian suara Jokowi dengan cara turun ke bawah dan meyakinkan masyarakat.

"Sumbar ini menjadi wilayah paling difokuskan Jokowi karena raihan suara pada 2014 hanya sekitar 23 persen, ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita, relawan," kata dia.

Menurut dia hasil survei yang dilakukan National Democratic Institute (NDI) pada Januari 2019 elektabilitas Jokowi di Sumbar sekitar 21,5 persen. Kemudian, persentase itu naik pada 21 Februari yakni meningkat menjadi 34 persen.

"Peningkatan itu semua merupakan kerja keras relawan dan akan terus ditingkatkan hingga pelaksanaan pemilu nantinya," kata dia.

Ia mengatakan dalam memenangkan Jokowi di Sumbar dirinya menggunakan dua strategi yakni strategi statis dengan cara menyebarkan pamflet, atribut kampanye kepada masyarakat. Setelah itu ada juga strategi dinamis dengan melakukan pelatihan, pembekalan, ceramah kepada masyarakat.

"Kegiatan itu bertujuan untuk mengetuk hati masyarakat semakin yakin memberi kesempatan Jokowi melanjutkan pemerintahannya," kata dia.

Dalam melakukan pemenangan ini pihaknya melakukan pemetaan dengan membagi enam rayon pemenangan, untuk rayon pertama di Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat dan Agam, rayon kedua Kota Payakumbuh dan 50 Kota, selanjutnya wilayah tiga Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Padang Pariaman. Wilayah keempat meliputi Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang, setelah itu Kota Solok, Kota Solok Selatan dan Kabupaten Solok dan wilayah keenam yakni Kabupaten Dharmasraya, Sijunjung, dan Kota Sawahlunto.

"Di setiap wilayah itu nantinya kita akan melakukan deklarasi dengan mengerahkan massa dalam jumlah besar untuk menyatakan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA