Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Survei: Paslon Ahok-Djarot Dominasi Percakapan Netizen

Sabtu 11 Feb 2017 10:19 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Tiga pasang calon gubernur-wakil gubernur DKI mengikuti tahapan acara debat terbuka.

Tiga pasang calon gubernur-wakil gubernur DKI mengikuti tahapan acara debat terbuka.

Foto: Raisan Al Farisi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei independen PoliticaWave mencatat pasangan cagub-cawagub pejawat DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat mendominasi percakapan netizen sebesar 52 persen selama berlangsungnya debat ketiga Pilkada yang digelar pada Jumat (10/1).

"Debat ketiga semalam masih menjadi topik perbincangan favorit netizen, dan pasangan Ahok-Djarot mendominasi percakapan di media sosial," kata pendiri PoliticaWave Yose Rizal dalam rilis, Sabtu (11/2).

Berdasarkan hasil survei PoliticaWave, dia menyebutkan secara keseluruhan, pasangan Ahok-Djarot mendominasi percakapan netizen sebesar 52 persen dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.582. Kemudian, pasangan Anies-Sandi mendapatkan perhatian cukup besar dari netizen dengan jumlah percakapan sebesar 37 persen dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 4.170.

Pihaknya juga mencatat pasangan Agus-Sylvi hanya mendapatkan 11 persen jumlah percakapan dengan margin antara sentimen positif dan negatif sebesar 1.957. "Dari hasil persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa perhatian /netizen terhadap pasangan Ahok-Djarot masih sangat besar, seperti pada debat-debat sebelumnya. Selain itu, penampilan pasangan Anies-Sandi juga dinilai lebih bagus," ujar Yose.

Sementara itu, dia mengungkapkan cagub Agus Harimurti Yudhoyono mendapat banyak pujian karena penampilannya yang jauh lebih santai dan berbicara menggunakan data. Sedangkan pasangannya Sylviana Murni mendapat banyak kritikan terkait pernyataannya yang kerap blunder dan tidak sesuai dengan data.

Seperti diketahui, masa kampanye dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 berlangsung mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 mendatang. Sedangkan hari pemilihan jatuh pada 15 Februari 2017.

Selama masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyelenggarakan debat calon kepala daerah DKI Jakarta sebanyak tiga kali, yaitu pada 13 Januari, 27 Januari dan 10 Februari 2017. Terdapat tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang terdaftar dalam Pilkada DKI 2017, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA