Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Jelang Lebaran, Bupati Garut Gencarkan Sidak ke Pasar

Kamis 06 May 2021 17:26 WIB

Red: Sandy Ferdiana

Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5).

Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5).

Foto: Tatang Nugraha/Republika
Tujuannya untuk memastikan ketersediaan dan kalayakan pangan di masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 Hijriah, Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5). Dari kunjungan itu, bupati memastikan ketersediaan pangan menjelang lebaran nanti dalam status aman.

photo
Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Garut, Kamis (6/5). - (Tatang Nugraha/Republika)

Sidak kali ini merupakan lanjutan dari sidak sebelumnya ke sejumlah pasar tradisional. Kegiatan sidak yang disertai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait menjadi penting. Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, kegiatan sidak bertujuan melindungi masyarakat dari persoalan pangan, baik ketersediaan atau kelayakannya.

‘’Kami melakukan cek secara random, jangan sampai nanti saat lebaran ditemukan makanan yang kadaluwarsa beredar di masyarakat,’’ kata Rudy di sela sidak, Kamis (6/5). Selain mengecek makanan di swalayan, pihaknya juga ingin melihat kemampuan ekonomi masyarakat di Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Yudi menambahkan, ada beberapa produk pangan yang ijin edarnya sudah habis. Namun secara umum makanan di Kabupaten Garut masih layak konsumsi.

“Kita memang menemukan beberapa ijin edarnya yang sudah habis dan lain sebagainya, tetapi tidak signifikan. Secara umum kami melihat bahwa makanan yang beredar di Kabupaten Garut masih layak konsumsi,” kata Yudi.

Yudi menegaskan, keterlibatan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan pangan yang akan dikonsumsi. Masyarakat diimbau untuk memastikan terlebih dahulu keamanan makanan yang akan dikonsumsi.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA