Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Ancaman Pidana Pasal 212 untuk Acara Reuni 212

Rabu 01 Dec 2021 16:56 WIB

Red: Andri Saubani

Massa yang tergabung dalam Alumni 212 mengibarkan bendera merah putih saat aksi reuni 212 di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (2/12).

Massa yang tergabung dalam Alumni 212 mengibarkan bendera merah putih saat aksi reuni 212 di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (2/12).

Foto: Republika/Thoudy Badai
Massa yang nekat gelar Reuni 212 di wilayah Polda Metro Jaya akan diproses hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Ali Mansur, Zainur Mashir Ramadhan, Rizky Suryarandika

Baca Juga

Setelah sempat absen akibat pandemi, agenda tahunan Reuni 212 rencananya akan digelar kembali pada tahun ini atau tepatnya pada Kamis (1/12) besok. Panitia berencana menggelar dua rangkaian acara kali ini, yakni pagi hingga siang hari di sekitaran Patung Kuda Wiwaha, Jakarta Pusat, lalu pada siang hingga sore di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Setelah memperhatikan situasi dan perkembangan yang ada, serta masukan dari ulama dan umat, maka Reuni Alumni 212 tahun 2021 akan diadakan dalam bentuk Aksi Super Damai," ujar Ketua Panitia Reuni 212 Eka Jaya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/12)

Menurut Eka, keputusan tersebut diambil setelah memperhatikan situasi yang ada serta masukan dari ulama dan umat. Rencananya, Aksi di Patung Kuda akan digelar pada pagi hari pukul 08.00-11.00 WIB dengan tajuk 'Aksi Super Damai'.

Ia juga mengklaim surat pemberitahuan aksi tersebut sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya pada Senin (29/11). Meski sebelumnya, pihak Polda Metro Jaya telah melerang kegiatan apa pun digelar di sekitar Patung Kuda, Jakarta.

Sementara, acara juga digelar di Aula Masjid Az-Zikra, Sentul Jawa Barat pada pukul 12.30-15.30 WIB. Di tempat ini, panitia akan menggelar acara dengan tajuk 'Silaturahmi dan Dialog 100 Tokoh'. Di Masjid Az-Zikra mengusung tema 'Bersama mencari Solusi untuk keselamatan NKRI.

"Jam 12.30-15.30 WIB di Aula Masjid Az-Zikra Bogor," jelas Eka.

Acara di Masjid Az-Zikra bakal berkonsep munajat yang akan disiarkan secara virtual. Kemudian untuk penyelenggaraan Reuni 212 di daerah dapat digelar di wilayah-wilayah masing-masing dengan menyaksikan siaran langsung dari Bogor.

"Di daerah kami sudah konsolidasikan untuk membuat juga. Jadi seluruh indonesia akan kami minta buat untuk melakukan Reuni 212 dengan cara dzikir dan munajat ditambah dengan bakti sosial," tutur Eka.

Selain tausiyah agama, kata Eka, agenda Reuni 212 tahun 2021 juga diisi dengan doa bersama untuk almarhum Ustadz Ameer Azzikra putra almarhum Arifin Ilham. Kemudian juga menghimbau dan mengintruksikan kepada seluruh alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan.

"Pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Senin (29/11) Panitia Reuni 212 sebenarnya telah memutuskan hanya menyelenggarakan reuni di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor. Keputusan tersebut diambil karena Satgas Covid-19 tidak mengeluarkan surat rekomendasi untuk pelaksanaan Reuni 212.

"Gugus tugas tadi sudah tidak memberikan rekomendasi, dalam bahasanya karena Covid-19, ada varian baru. Jadi larinya ke situ (Az-Zikra)," kata Eka Jaya saat dikonfirmasi, Senin (29/11).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA