Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Pencarian Eril, Ridwan Kamil Tabah dan Pelajari Sungai Aare

Ahad 29 May 2022 02:49 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ilham Tirta

Elpi Nazmuzaman, Paman Eril saat memberikan keterangan pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aaree Swiss, di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Jumat (27/5).

Elpi Nazmuzaman, Paman Eril saat memberikan keterangan pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aaree Swiss, di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Jumat (27/5).

Foto: Edi Yusuf/Republika
Emil tanyakan topografi dan kekuatan Sungai Aare pada petugas setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, hingga saat ini menunggu hasil pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril yang mengalami musibah terseret arus di Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022). Pencarian putra pertama Ridwan Kamil itu terus dilanjutkan pada Sabtu (28/5/2022).

Perwakilan keluarga yang merupakan Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, mengungkapkan kondisi Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya. Menurutnya, Ridwan Kamil terpantau sehat, sabar, dan tabah menghadapi musibah ini.

Baca Juga

"Kang Emil alhamdulillah sehat, sabar, dan tabah. Ia pun menyampaikan salam ke wartawaan, maaf belum bisa menyapa secara langsung," ujar Elpi saat Konferensi Pers di Gedung Pakuan, Sabtu (28/5/2022).

Elpi pun berterima kasih pada KBRI dan pemerintah Swiss. Karena saat musibah terjadi dan selama keluarga Ridwan Kamil di Swiss semua sangat dibantu oleh Duta Besar dan jajarannya.

"Di hari pertama, keluarga. Maaf saya perlu mengatur nafas dan kata," Elpi pun terhenti untuk menarik nafas dan menghapus air matanya.

Saat kejadian, kata dia, begitu otoritas Swiss mendengar laporan dari warga, polisi pun langsung melakukan pencarian.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad yang hadir dalam konpers itu juga mengungkapkan, saat bertemu dengan Ridwan Kamil di Swiss, ia melihat Gubernur Jabar ini sangat profesional. Ridwan Kamil banyak menanyakan pertanyaan teknis, dari mulai topografi sungai, kekuatan sungai, dimana kira-kira bisa terjadi musibah dan lain-lain.

"Kami minta doa kan saja bersama-sama agar pencarian ini bisa berlangsung baik. Kita tidak putus untuk berikhtiar mudah-mudahan menghasilkan yang baik," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA