Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

KPK Pastikan Tangkap Bupati Muba Kasus Suap Infrastruktur

Sabtu 16 Oct 2021 10:32 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin.

Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin.

Foto: Musi Banyuasin
Dodi Reza Alex ditangkap KPK, sementara ayahnya Alex Noerdin ditahan Kejakgung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin bersama lima orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Muba, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel), Jumat (15/10).

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, OTT yang dilakukan KPK tersebut terkait dugaan suap pengadaan barang dan jasa infrastruktur di Kabupaten Muba. Hanya saja, ia tidak merinci proyek apa saja yang menjerat Dodi Reza.

"Dalam kegiatan tersebut, tim KPK mengamankan beberapa pihak pejabat di lingkungan Pemkab Muba. Sejauh ini ada sekitar enam orang di antaranya Bupati Muba dan beberapa ASN di lingkungan Pemkab Muba," kata Ali dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (16/10).

Ali mengatakan, tim KPK telah selesai memeriksa pihak-pihak yang telah ditangkap tersebut. "Informasi yang kami peroleh, tim selesai melakukan pemeriksaan beberapa pihak dimaksud di Kejaksaan Tinggi Sumsel dan akan segera dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," ucap Ali.

Sesuai KUHAP, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari para pihak yang ditangkap tersebut. "Perkembangannya akan diiinfokan," kata Ali.

Dodi merupakan anak dari mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Alex saat ini berstatus tersangka dan ditahan di Rutan Kejaksaan Agung (Kejakgung). Keduanya tercatat sebagai kader Partai Golkar.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA