Selasa 19 Jan 2021 19:48 WIB

Pengamat: Komjen Listyo Harus Tuntaskan Operasi Tinombala

Jika jadi Kapolri, Komjen Listyo diminta harus tuntaskan operasi Tinombala

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat terorisme dari Community of Ideological Islamic Analyst, Harits Abu Ulya mengatakan tantangan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri, yakni menuntaskan Operasi Tinombala. Kapolri baru diharapkan bisa membekuk pelaku terorisme kelompok Ali Kalora di Poso, Sulawesi Tengah.

Harist mengatakan, ada banyak tugas yang harus diselesaikan Komjen Listyo ketika sudah dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Jenderal Idham Azis. Di antaranya menyelesaikan sisa-sisa kasus pada masa Jenderal Idham yang menjadi perhatian publik.

Baca Juga

"Terutama, kasus terbunuhnya enam orang FPI, dan kasus perburuan teroris di Poso dengan Operasi Tinombala yang berjilid-jilid itu, serta separatisme OPM," katanya di Jakarta, Selasa (19/1).

Yang terpenting, kata Harist, Komjen Listyo harus mampu membangun citra Polri mulai dari top leader sampai bawah bisa diterima masyarakat dengan baik.

Karena itu, Komjen Listyo sebagai Kapolri nantinya perlu berbenah dengan melakukan reformasi internal Polri. "Realitas masyarakat bawah itu memang ada distrust, ketidakpercayaan terhadap Polri. Jadi, butuh kerja keras untuk ditumbuhkan kepercayaan masyarakat ini, bagaimana bisa memastikan Polri itu promoter (profesional, modern dan terpercaya)," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement