Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris JI

Kamis 26 Nov 2020 21:56 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono

Foto: ANTARA/Reno Esnir
Polisi belum bisa membeberkan secara detail kronologi penangkapan terduga teroris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono membenarkan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil menangkap Taufik Bulaga alias Upik Lawanga, terduga teroris Jaringan Islamiyah (JI) beberapa hari lalu di Lampung. Namun Awi belum bisa membeberkan secara detail kronologi penangkapan terduga teroris tersebut.

"Saya bisa memastikan, iya jadi tanggal 23 dan 25 November memang Densus 88 Antiteror telah melakukan penindakan terhadap tersangka TB alias Upik Lawanga," kata Karopenmas Polri Brigjen Awi Setiyono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/11). 

Selain itu, Awi mengabarkan bahwa tim Densus 88 juga telah meringkus sejumlah terduga terorisme dari jaringan serupa, yang selama ini pun buron. Tetapi, Awi belum bisa merinci soal jumlah buronan yang diringkus dan peranan mereka. Alasannya, Mabes Polri belum beroleh data lengkap dari Densus 88. "Saya belum bisa sampaikan kepada teman-teman," terang Awi.

Baca Juga

Sekadar informasi, Upik Lawanga alias Taufik Bulaga masuk dalam daftar buronan teroris Polri sejak 2011 lalu. Dia diduga terlibat sejumlah aksi teror di sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari Jakarta, Solo, hingga Poso. Misalnya di Jakarta yang bersangkutan disebut yang merakit bom di Hotel JW Maririot dan Hotel Ritz-Carlton pada teror 2009 silam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA