Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

BG Jadi Wakapolri, Kabareskrim Pastikan Hukum Berjalan Independen

Kamis 23 Apr 2015 15:10 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bilal Ramadhan

Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso.

Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komjen Pol Budi Gunawan (BG) resmi menjabat Wakapolri setelah kemarin dilantik Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Namun, pelantikan BG berlangsung tertutup dengan tidak diperbolehkannya awak media meliput proses pelantikan.

Kabaresrim, Komjen Pol Budi Waseso menampik pelantikan dilaksanakan secara tertutup. "Saya bilang ada media. Hanya pada saat itu hanya satu orang," ujar Budi, di Bareskrim, Kamis (23/4).

Menurut Budi, pelantikan juga dilaksanakan secara singkat. Sebab, Kapolri ada kesibukan lainnga. Sehingga pelantikan dilangsungkan secepat mungkin. Ditanya terkait independensi Bareskrim dalam penanganan kasus BG ke depannya, Budi memestikan berjalan independen. Meskipun BG saat ini sedang menjabat Wakapolri.

Kendati demikian, Budi menjelaskan, secara hukum kasus BG sudah sah untuk tidak dilanjutkan. Pasalnya, hasil perkara dari ahli dan kejaksaan sudah selesai. Polri, kata Budi, terlebih dahulu menangani kasus BG dengan berkas yang lebih lengkap ketimbang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Tapi saya ingin semua terbuka, biar dibilang 'jeruk makan jeruk'," kata Budi menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA