Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Densus 88 Temukan Bom Terduga Teroris Surabaya

Selasa 21 Jan 2014 02:04 WIB

Red: Fernan Rahadi

Bom (ilustrasi)

Bom (ilustrasi)

Foto: USF

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menemukan rangkaian bom dalam penggerebekan rumah kontrakan terduga teroris di Jalan Tanah Merah Sayur I, Kenjeran, Surabaya, Senin (20/1) malam.

Rangkaian bom yang ditemukan petugas di rumah kontrakan yang berjarak hanya satu kilometer sebelum Jembatan Suramadu itu, berbentuk 'switching' dan tabung.

Tabung itu memiliki panjang sekitar 30 sentimeter, berdiameter 5 sentimeter, berisi paku, dan rangkaian itu menggunakan timer. Selain itu, petugas Densus 88 juga menemukan buku-buku dan bendera warna hitam.

Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono di lokasi penggerebekan itu menegaskan bahwa pengintaian keduanya sebenarnya dilakukan tim Densus 88 dan Polda Jatim sejak Ahad (19/1) malam.

"Akhirnya, Senin (20/1) pukul 19.00 WIB terlihat dua pelaku di sekitaran SPBU Kedungcowek, Surabaya, lalu diikuti dan ditangkap tanpa perlawanan," katanya, didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono.

Setelah dua terduga teroris berinisial R dan M itu digerebek, maka penggeledahan pun dilakukan di rumah kontrakan di Jalan Tanah Merah Sayur I, Kenjeran, Surabaya yang tidak jauh dari Jembatan Suramadu itu.

Hingga berita ini disiarkan, ratusan warga masih mengerumuni lokasi kejadian, tapi petugas Polda Jatim sudah melakukan sterilisasi lokasi dengan didukung Polrestabes Surabaya dan Polsek Kenjeran.

Namun, petugas sudah membawa rangkaian bahan peledak itu dengan dua mobil APV dari lokasi kejadian pada pukul 22.45 WIB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA