Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Mimika Kirim Delapan Ton Bantuan ke Jayapura

Kamis 21 Mar 2019 13:58 WIB

Red: Ani Nursalikah

Seorang bayi yang menderita ISPA diberi bantuan pernafasan di pos kesehatan di Pos Induk Banjir Bandang Sentani di Gunung Tanah Merah, Jayapura, Papua, Kamis (21/3/2019).

Seorang bayi yang menderita ISPA diberi bantuan pernafasan di pos kesehatan di Pos Induk Banjir Bandang Sentani di Gunung Tanah Merah, Jayapura, Papua, Kamis (21/3/2019).

Foto: Antara/Zabur Karuru
Pengiriman bantuan kemanusiaan itu akan dilakukan pada Jumat.

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan mengirim delapan ton bantuan guna membantu meringankan duka korban bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura. Bantuan yang diberikan berupa pakaian layak pakai, bahan makanan, dan kebutuhan pokok lainnya

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mimika, Demianus Katiop di Timika, Kamis (21/3), mengatakan pengiriman bantuan kemanusiaan itu akan dilakukan pada Jumat (22/3) menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Pemkab Mimika membuka Posko penerimaan bantuan dan sumbangan sukarela dari berbagai kelompok dan organisasi kemasyarakatan maupun dinas, badan dan kantor di lingkungan Pemkab Mimika sendiri bertempat di Kantor Pemadam Kebakaran kompleks Pasar Lama Timika.

Posko tersebut dibuka sejak Senin (18/3) hingga Kamis ini. "Kami juga menerima sumbangan berupa uang dari warga masyarakat Kota Timika dengan total dana terkumpul Rp 23 juta. Sumbangan dana yang disiapkan oleh dinas, badan, dan kantor di lingkungan Pemkab Mimika sebesar Rp 250 juta. Sedangkan dari Bapak Bupati Mimika mewakili Pemkab Mimika menyiapkan dana R p500 juta," ujarnya.

photo
Suasana pengungsian di Pos Induk Banjir Bandang Sentani di Gunung Tanah Merah, Jayapura, Papua, Kamis (21/3/2019).
Rencananya Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan menyerahkan sendiri sumbangan tersebut langsung ke posko utama penanganan bencana banjir bandang Kabupaten Jayapura bertempat di Gunung Merah Sentani, Jayapura. "Esok pagi Bapak Bupati Mimika bersama pejabat terkait akan berangkat dengan pesawat Garuda Indonesia, sementara barang-barang hasil sumbangan warga Mimika akan diangkut dengan pesawat Hercules TNI AU dengan rencana terbang dari Bandara Mozes Kilangin Timika pada pukul 12.00 WIT," ujar Katiop.

Pemkab Mimika menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika bersama jajarannya untuk membantu pengangkutan bantuan kemanusiaan ke Jayapura tersebut. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika Lefinus Siahaya mengatakan Posko penggalangan bantuan kemanusiaan untuk bencana banjir bandang Jayapura oleh Pemkab Mimika secara resmi sudah ditutup pada Kamis siang pukul 14.00 Wita.

BPBD akan mengirim tiga stafnya untuk mengawal pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jayapura pada Jumat (22/3) dengan pesawat Hercules TNI AU. "Terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari seluruh warga Mimika baik organisasi keagamaan, organisasi sosial, pribadi-pribadi maupun Organisasi Perangkat Daerah/OPD di lingkungan Pemkab Mimika yang telah menyumbang bahan kebutuhan pokok, pakaian layak pakai dan lainnya untuk membantu meringankan duka dan derita sesama saudara kita yang tertimpa bencana di Kabupaten Jayapura," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA