Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Pemkot Malang Bangun Pedestrian Ramah Difabel

Jumat 16 Sep 2016 10:29 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Agus Yulianto

Kantor Walikota Malang

Kantor Walikota Malang

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota Malang akan membangun trotoar yang ramah difabel. Ruas jalan yang akan dibangun trotoar ramah difabel terletak di Jl Ijen, Kota Malang.

Pedestrian sepanjang 1,75 kilometer tersebut akan dilebarkan menjadi tiga meter. Artinya, trotoar akan lebih lebar 0,75 meter dari ukuran sebelumnya. Di pedestrian tersebut akan dilengkapi sarana bagi kaum difabel dan tempat duduk yang nyaman bagi pejalan kaki.

"Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan ruang publik bagi masyarakat Kota Malang yang lebih nyaman serta ramah lingkungan," kata Wali Kota Malang Mochamad Anton, Kamis (15/9).

Harapannya, jalan ini, nanti murni digunakan bagi pejalan kaki dan bukan untuk jalan sepeda motor atau bahkan sebagai tempat parkir mobil. Pemkot menargetkan, pembangunan trotoar selesai akhir November 2016.

Dana yang digelontorkan untuk proyek ini sudah tersedia sebesar Rp 2,6 miliar. Menurut Anton, dana untuk membangun pedestrian itu, bukan berasal dari APBD melainkan menggunakan dana corporate social responsibilities (CSR).

Anton mengatakan, Pemerintah Kota Malang akan terus mencanangkan program pemulihan tata ruang Kota Malang. Dia berharap, fasilitas publik dapat berfungsi secara maksimal sesuai dengan peruntukannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA