Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Ratusan Warga Mukomuko Digigit Hewan Rabies

Kamis 03 Mar 2016 18:58 WIB

Red: Ani Nursalikah

 Petugas menyuntikkan vaksin Rabies kepada kucing peliharaan warga.   (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Petugas menyuntikkan vaksin Rabies kepada kucing peliharaan warga. (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan selama 2015 sebanyak 101 orang warga setempat yang menjadi korban gigitan hewan penular rabies (GHPR).

"Jumlah kasus GHPR pada 2015 meningkat dibandingkan 2014 sebanyak 95 orang," kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Melia Padjriani di Mukomuko, Kamis (3/3).

Ia menyebutkan, sebanyak 35 orang perempuan menjadi korban gigitan anjing, kucing, dan monyet. Sedangkan pria mencapai 66 orang.

Namun, katanya, tidak ada korban gigitan hewan itu yang meninggal dunia. Semuanya dapat ditangani oleh tenaga medis di 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

"Warga yang digigit hewan itu langsung dirawat di puskesmas sehingga pengaruh penyakit rabies pada hewan tidak menular kepada manusia," ujarnya.

Ia mengatakan tidak semua pasien gigitan hewan ini diberikan vaksin antirabies (VAR), hanya sebanyak 83 orang. Pasien lainnya diobati luka karena gigitan hewan tersebut.

Ia mengimbau masyarakat setempat memberikan vaksin rabies kepada hewannya. Selain itu hewan tersebut tidak boleh dilepasliarkan di jalan raya dan fasilitas umum.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA