Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Pasangan Matias Mairuma - Isamail Sirefa Menangi Pilkada Kaimana

Sabtu 19 Dec 2015 07:34 WIB

Red: Taufik Rachman

Matias Mairuma menyalami pendukungnya saat putaran akhir kampanye Pilkada Kaimana 2015

Matias Mairuma menyalami pendukungnya saat putaran akhir kampanye Pilkada Kaimana 2015

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pasangan Matias Mairuma - Ismail Sirefa tampil sebagai pemenang pemilihan bupati dan wakil bupati Kaimana periode 2015-2020. Pasangan yang dikenal dengan pasangan Manis dengan nomor urut tiga ini diperkirakan meraup 36,78 persen suara.

Perolehan suara pasangan ini mengungguli dua pasangan lain yakni Freddy Thie-Mohammad Lakutani meraih sekitar 32,41 persen suara dan Hasan Achmad-Amos Oruw meraih 30,85 persen suara.

''Berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan KPUD Kaimana, pasangan Manis menjadi pemenang Pilkada Kaimana,'' kata tim sukses pasangan Manis, Charlly Maipauw, Sabtu (19/12). Penghitungan suara berlangsung hari Jumat (18/12) dan berakhir sekitar pukul 23.52 waktu Indonesia bagian Timur.

Penghitungan suara yang berlangsung di Gedung KPUD setempat mendapatkan pengamanan ketat dari jajaran kepolisian. Polisi berjaga-jaga, baik didalam gedung maupun di luar gedung.

Beredar rumor bahwa pasangan nomor urut satu dan dua mendesak KPUD untuk membuka kotak sura dan menghitung ulang perolehan suara masing-masing kandidat.

Pasangan Manis sempat dicoret dari daftar pencalonan oleh KPUD Kaimana. Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kemudian membatalkan putusan KPUD Kabupaten Kaimana SK  Nomor 32/KPU-KAB-032/VIII/2015 tanggal 24 Agustus 2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana Tahun 2015 yang tidak mengakomodir pasangan Matias Mairuma-Ismail Sirfefa. Serta menerbitkan SK baru yang mengakomodasi pasangan Matias Mairuma-Ismail Sirfefa.

Putusan Panwaslu diabaikan oleh KPUD Kaimana, sehingga kasus ini dibawa ke KPU Pusat dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum ( DKPP). KPU kemudian membekukan KPUD Kaimana dan menunjuk KPUD Papua Barat untuk mengambilalih. DKPP mencopot tiga komisioner KPU Kaimana karena kasus itu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA