Sabtu 23 Jan 2021 15:00 WIB

Foto Mensos Risma Angkat Kayu, Ini Fakta Sebenarnya

Beredar viral foto Risma (Tri Rismaharini) saat mengangkat kayu di lokasi banjir.

Beredar viral foto Risma mengangkat kayu saat ada bencana
Foto: Istimewa
Beredar viral foto Risma mengangkat kayu saat ada bencana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari terakhir, viral foto dengan narasi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengangkat kayu di lokasi banjir. Baik di Twitter, Facebook, dan Instagram, foto risma banyak tersebar dan dikomentari warganet (netizen). Bahkan, beberapa media arus utama ikut memberitakan aksi Risma itu dengan narasi mensos mengangkat kayu di lokasi banjir.

Salah satu akun yang membuat status Risma mengangkat kayu adalah akun Twitter milik Umar Hasibuan, yaitu @Umar75Hasibuan. "Buat apa coba mensos gini? Tugas dia itu gimana penyaluran bantuan korban bencana alam berjalan lancar tanpa halangan," ujarnya.

Berdasarkan penelusuran Republika, ternyata foto Risma mengangkat kayu tersebut bukan dilakukan baru-baru ini. Memang Mensos Risma belakangan ini, kerap mengunjungi lokasi banjir, baik di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kabupaten Jember di Jawa Timur, hingga Kabupaten Halmahera Utara di Maluku Utara.

Risma juga mendapat sorotan lantaran aksinya ikut membungkus nasi bersama ibu-ibu untuk dibagikan kepada korban banjir Jember. Hanya saja, untuk aksi mengangkat kayu bersama dua orang laki-laki, hal itu dilakukan Risma kala menjabat sebagai wali kota Surabaya.

Risma merupakan wali kota Surabaya dua periode, yaitu 2010-2015 dan 2016-2020. Masa bakti alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu sebenarnya berakhir pada 2021, namun ia diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri pada 23 Desember 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement