Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

4 Skill yang Dibutuhkan oleh Public Relations

Rabu 10 Aug 2022 15:24 WIB

Red: Gita Amanda

Hubungan masyarakat atau dikenal juga dengan public relations, punya peran penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Hubungan masyarakat atau dikenal juga dengan public relations, punya peran penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Public relations, punya peran penting dalam membangun citra positif perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan masyarakat atau dikenal juga dengan public relations, punya peran penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Public Relations merupakan bidang komunikasi yang berfungsi untuk membentuk dan mengelola profil publik perusahaan atau individu. Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mengelola profil publik tertentu, maka public relations akan mengemas cerita menarik dari brand yang nantinya mampu membuat khalayak tertarik. Tak heran bila ada beberapa skill yang dibutuhkan public relations. Berikut penjelasannya yang mengutip dari berbagai sumber:

Baca Juga

 

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan keterampilan yang sangat esensial dan harus dimiliki oleh seorang public relations. Seorang public relations harus hebat dalam komunikasi verbal yang meliputi presentasi, interview, bahkan public speaking.

Selain itu, public relations pun harus lincah dalam komunikasi non verbal, antara lain membuat press release, tulisan di situs perusahaan, editing dan tata bahasa.

2. Riset

Public relations profesional bekerja dengan banyak klien dari berbagai macam kebutuhan. Sehingga mereka harus dapat melakukan riset mengenai kebutuhan klien dengan cepat dan tepat.

Maka tak aneh, ketika seorang public relations harus bisa melakukan riset tentang tata cara berpikir deduktif, induktif, penelitian pustaka, wawancara hingga browsing.

3. Berpikir dan bahasa asing

Arus globalisasi bisnis telah memaksa public relations profesional untuk dapat menguasai banyak bahasa. Kenapa perlu belajar bahasa asing?

Sebab klien dari public relations juga bisa berasal dari luar negeri atau bisa saja mereka bekerja di perusahaan multinasional dengan keberagaman budaya dan bahasa di dalamnya.

4. Paham media sosial

Skill selanjutnya yang memberikan nilai tambah bagi seorang public relations yaitu terbiasa dengan platform media sosial yang ada. Bahkan, harus disertai dengan pengetahuan analitik dari media sosial tersebut.

Sementara itu, keterampilan lain yang cukup penting untuk dikuasai oleh seorang public relations, diantaranya berpikir kreatif, mudah bergaul, problem solving serta memiliki manajemen waktu yang bagus, karena akan sering dihadapkan dengan deadline.

Ketua Program Studi (prodi) Hubungan Masyarakat/ Public Relations Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Ita Suryani, menanggapi hal tersebut. Menurutnya, pekerjaan sebagai seorang public relations tentu sangat selaras dengan lulusan jurusan Prodi Hubungan Masyarakat/ Public Relations.

“Public relations akan dibutuhkan di perusahaan untuk membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak. Selain itu, public relations juga bertugas untuk mengembangkan dan menjaga citra perusahaan, termasuk penggunaan tanda tangan dan logo perusahaa,” jelas Ita, Senin (8/8).

Prodi Public Relations Universitas BSI tersebar di berbagai lokasi kampus, antara lain Universitas BSI kampus Fatmawati, Universitas BSI kampus Ciledug, Universitas BSI kampus Margonda, Universitas BSI kampus Cengkareng, Universitas BSI kampus Kaliabang, Universitas BSI kampus Kalimalang, dan Universitas BSI kampus Pemuda.

“Universitas BSI membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk perkuliahan yang dimulai September 2022. PMB Universitas BSI sekarang sudah masuk gelombang 6, terhitung mulai 4 Agustus hingga 1 September 2022 nanti,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk yang ingin mendaftar kuliah di Universitas BSI, cukup mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/

“Selain itu, Universitas BSI juga membuka pembayaran kuliah yang bisa dilakukan dengan cicilan, bagi kamu yang memang terkendala biaya. Cicilan tersebut sebesar Rp 600 ribuan/ bulan melalui aplikasi Danacita,” tandasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA