Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Memahami Pentingnya Teknik Kamera dan Pencahayaan dalam Film

Sabtu 25 Jun 2022 13:54 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas BSI (Bima Sarana Informatika) mengadakan “Workshop Teknik Kamera dan Tata Cahaya” yang digelar Universitas BSI kampus Pemuda, pada Jumat (17/6/2022).

Universitas BSI (Bima Sarana Informatika) mengadakan “Workshop Teknik Kamera dan Tata Cahaya” yang digelar Universitas BSI kampus Pemuda, pada Jumat (17/6/2022).

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Teknik kamera biasanya memberi kesan look and mood kepada penonton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknik kamera merupakan proses pengambilan gambar gerak untuk pembuatan video atau film. Dalam proses produksi, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Mulai dari proses persiapan, pengetahuan, dan skill dalam melaksanakan shooting, salah satunya harus mengetahui teknik kamera dan tata cahaya.

Untuk memberikan skill pemahaman teknik kamera dan tata cahaya, Universitas BSI (Bima Sarana Informatika) mengadakan “Workshop Teknik Kamera dan Tata Cahaya” yang digelar Universitas BSI kampus Pemuda, pada Jumat (17/6/2022).  

Baca Juga

Satrio Pamungkas hadir sebagai narasumber yang merupakan Produser, Director, dan Founder PH Volks Creative, Dosen IKJ dan sedang studi S3 di UI. Ia menyebutkan bahwa, pengetahuan shoot dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan teknik pengambilan video serta kesan yang ada di dalam video tersebut. Untuk membedakan shoot satu dengan shoot yang lainnya, teknik kamera ini biasanya memberi kesan look and mood kepada penonton.

“Ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam untuk mendapatkan hasil rekaman terbaik. Kita sebagai operator kamera harus tahu shoot size. Dimana shoot size ini menentukan look and mood dari sebuah video kita dan teknik pencahayaan juga sangat berpengaruh untuk film atau video kita,” jelasnya.

Satrio berharap, workshop ini mampu memberi motiviasi bagi para peserta untuk berani membuat film yang memberikan kesan kepada penonton tentang look and mood dari teknik kamera dan tata cahaya.

“Dengan adanya kegiatan workshop teknik kamera dan tata cahaya ini semoga bisa memberikan wawasan agar dapat lebih beradaptasi dan siap menghadapi dunia film. Sehingga peserta mampu mewujudkan harapan yang diinginkan,” tuturnya.

Sementara itu, Azwar Munanjar selaku Ketua Program Studi (Prodi) Penyiaran Universitas BSI menerangkan, kegiatan workshop teknik kamera dan tata cahaya diselenggarakan sebagai upaya dari prodi penyiaran Universitas BSI untuk menambah pengetahuan mahasiswa di bidang teknik kamera dan tata cahaya.

“Kegiatan workshop ini sendiri rutin digelar Prodi Penyiaran Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI untuk menambah khazanah pengetahuan mahasiswa di bidang penyiaran. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa mendapatkan perkembangan di dunia penyiaran atau industri perfilman tentang bidang pekerjaan yang ada di sana,” tutupnya.

Kata kunci: Workshop Tekhnik Kamera dan Tata Cahaya

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA