Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

Pentingnya Sosialisasi IAPS 4.0 demi Kualitas Kampus

Senin 29 Nov 2021 12:21 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Badan Penjaminan Mutu & Akreditas (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di lingkungan Universitas BSI kampus Pontianak, acara diadakan secara daring melalui zoom, Rabu (24/11) lalu.

Badan Penjaminan Mutu & Akreditas (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di lingkungan Universitas BSI kampus Pontianak, acara diadakan secara daring melalui zoom, Rabu (24/11) lalu.

Foto: UBSI
BPMA Universitas BSI ungkap perlunya sosialisasi IAPS 4.0 untuk persiapan akreditasi

REPUBLIKA.CO.ID,  PONTIANAK -- Badan Penjaminan Mutu & Akreditasi (BPMA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) telah melaksanakan sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 di lingkungan Universitas BSI kampus Pontianak, acara diadakan secara daring melalui zoom, Rabu (24/11) lalu.

Sosialisasi dihadiri oleh para pimpinan program studi (prodi) dan unit yaitu ketua prodi Sistem Informasi (SI), ketua prodi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) beserta staff prodi dan unit bagian yang terkait.

Lita Sari Marita, selaku kepala BPMA (Badan Penjamin Mutu Akademik) dalam pemaparannya mengatakan bahwa, akreditasi bukan sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Namun akreditasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus dilaksanakan.

“Setiap perguruan tinggi membutuhkan akreditasi untuk meningkatkan kualitas dan melakukan perbaikan berkelanjutan, menyesuaikan dengan praktik baik penjaminan mutu eksternal yang umum berlaku,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, persiapan akreditasi dan penyiapan dokumen-dokumen terkait kebutuhan akreditasi harus dilakukan secara terus menerus.

“Persiapan akreditasi, baik pembuatan laporan evaluasi diri dan pembuatan dokumennya harus dilaksanakan secara berkala, sehingga tercipta budaya mutu yang baik di lingkungan prodi,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Sony, selaku ketua Prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak, sangat berterima kasih pada BPMA yang telah mengadakan kegiatan ini. 

“Melalui kegiatan ini, segala kebutuhan dan persiapan akreditasi akan semakin dipersiapkan, baik itu teknis pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED). Sehingga dalam pelaksanaannya, prodi semakin mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, harapnya, dapat meningkatan mutu secara berkelanjutan dalam upaya membangun budaya mutu di lingkungan Universitas BSI kampus Pontianak.

“Semoga budaya mutu semakin terbangun di lingkungan Universitas BSI khususnya kampus Pontianak, semua demi meningkatkan kualitas perguruan tinggi,” tandasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA