Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Tips dan Trik Aman Bertransaksi Digital

Sabtu 16 Oct 2021 18:29 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dosen Universitas BSI berbagi tips dan trik agar aman dari kejahatan digital

Dosen Universitas BSI berbagi tips dan trik agar aman dari kejahatan digital

Foto: UBSI
Dosen Universitas BSI berbagi tips dan trik agar aman dari kejahatan digital

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Yoki Firmansyah/Dosen Universitas BSI kampus Pontianak

Perkembangan teknologi digital saat ini, semakin meroket seiring dengan mewabahnya pandemi virus Covid-19. Berbagai layanan digital bukan lagi menjadi hal yang baru bagi masyarakat, mulai dari belanja online hingga perbankan.

Peningkatan transaksi digital membuat masyarakat lebih mengandalkan tren pembayaran digital, hingga lupa bahaya apa yang akan mengintai dibalik kemudahan semua itu. Arti dari transaksi digital sendiri adalah pembayaran yang dilakukan secara nontunai, atau tanpa menggunakan uang fisik (cashless).

Banyak media transaksi digital saat ini seperti Mobile Banking, link aja, dana, gopay, ovo, shopee pay dan media lainnya yang menyediakan layanan pembayaran hanya dengan menggunakan aplikasi yang terhubung ke internet. 

Adapun yang menyebabkan semakin maraknya transaksi secara elektronik atau digital adalah karena dari pemerintah sendiri sudah sangat mendukung transaksi digital ini. Ditandai dengan adanya 5 langkah percepatan transformasi digital yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, salah satunya yaitu mempersiapkan roadmap transformasi digital di sector-sektor strategis diantaranya perdagangan dan industri. 

Selain itu, dengan transaksi digital masyarakat dimanjakan dengan banyaknya kemudahan praktis, seperti tidak perlu membawa uang cash yang pastinya memberikan keamanan secara fisik, banyaknya promo yang diberikan, transaksi cepat dan produk-produk yang ditawarkan lebih lengkap.

Tapi dibalik kenyamanan dan kemudahan yang diberikan, tentunya ada banyak sekali celah yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk mencurangi para pengguna transaksi elektronik. 

Mengatasi masalah keamanan bertransaksi digital, berikut tips dan trik yang bisa dicoba:

1. Menjaga kerahasiaan akun

Setiap aplikasi ataupun media transaksi digital, mewajibkan penggunanya untuk membuat akun yang terdiri dari username dan password yang dibutuhkan saat login.

Jangan berikan username dan password akun ini kepada siapapun dan jangan pernah menuliskan username dan password dimanapun. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan digital, untuk membobol akun dan memanfaatkan informasi yang ada didalamnya sehingga akan menimbulkan kerugian bagi pengguna. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA