Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Mahasiswa UBSI Pontianak Ciptakan Inovasi Usaha Kuliner

Sabtu 19 Jun 2021 13:16 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sabellah Ramadhiani Fitri, mahasiswi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak sukses membuka usaha kuliner dengan nama brand Tempe.Qu.

Sabellah Ramadhiani Fitri, mahasiswi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak sukses membuka usaha kuliner dengan nama brand Tempe.Qu.

Foto: UBSI
Mahasiswi Sistem Informasi Akuntasi UBSI Pontianak membuka usaha Tempe.Qu

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Bisnis kuliner saat ini memang sedang di gandrungi oleh kalangan muda. Beragam inovasi dengan modal kecil membuat mereka mampu mendapatkan omzet terbilang banyak. Memiliki konsep bisnis yang unik dan mengikuti trend pasar menjadikan bisnis kuliner layak untuk di lirik. Hal ini yang membuat generasi muda berani mengambil risiko untuk mulai membuka usaha kuliner. 

Sabellah Ramadhiani Fitri, mahasiswi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Pontianak sukses membuka usaha kuliner dengan nama brand ‘Tempe.Qu’. 

Berawal dari resep makanan yang dibuat ibunya, ia berinovasi membuat nugget tempe frozen. Alasan memilih bahan baku tempe karena tempe merupakan makanan sehat dengan harga terjangkau namun memiliki kandungan protein tinggi. 

“Usaha kuliner dengan nama brand Tempe.Qu ini sudah buka dari tahun 2019. Promosi yang dilakukan masih sebatas di media sosial dengan menggunakan whatsapp dan instagram. Namun setelah berkuliah di Universitas BSI, saya mulai di bimbing oleh BSI Entrepreneur Center (BEC) Pontianak agar mengembangkan usaha, dan ikut  Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan (PKM-K),” katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (17/6). 

Menurutnya, menjalankan usaha selama pandemi layak dicoba daripada hanya menunggu kuliah online saja dirumah. Selain menghasilkan omzet dan bermanfaat, usahanya ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi teman-temannya yang tidak bekerja. 

“Untuk saat ini, kami berlima yang mengurus Tempe.Qu, walaupun penghasilan dari usaha ini masih sedikit, namun saya sudah sedikit meringankan beban orangtua. Sudah lebih mandiri dalam hal ekonomi. Semoga kedepannya, Tempe.Qu bisa berkembang sukses dan memiliki outlet dimana-mana sehingga semakin banyak membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain,”ungkap Bella sapaan akrabnya. 

Menanggapi hal ini, Ketua BEC Universitas BSI Kampus Pontianak, Nurmalasari mengatakan menjadi mahasiswa yang mandiri itu penting. Salah satu caranya adalah mahasiswa harus berbisnis agar jadi wirausaha, dengan memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada, serta melakukan inovasi produk usaha, itu akan tercipta. 

“Untuk memulai usaha kita hanya butuh 3M, yaitu Motivasi yang kuat, Mindset yang tepat, dan Make it. Menjadi wirausaha terbentuk jiwa mandiri dengan kreativitas dalam menjual produk/jasanya, secara langsung akan mendatangkan omset atau keuntungan untuk dirinya sendiri,” tuturnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA