Sabtu 23 Aug 2014 18:51 WIB

Jaga Jarak

Red: operator

Mercedes tak memungkiri para tim rival berpotensi memberikan kejutan di Belgia.

Garasi tim Mercedes kembali menegang seusai jeda pra- musim ajang balap Formula 1 (F1) berakhir. Para teknisi dari duo pembalap Nico Rosberg dan Lewis Hamilton kem bali bersaing menjelang bergulirnya GP Belgia, Ahad (24/8).

Kepala Tim Mercedes Toto Wolff memprediksi, persaingan antara Rosberg dan Hamilton akan semakin memanas pada paruh kedua musim. Sebab, pada GP Belgia nanti, setiap poin akan sangat krusial dalam perebutan gelar juara dunia pembalap.

"Tugas kami adalah memastikan salah satu dari mereka mampu keluar sebagai juara," ujar Wolff, awal pekan ini, seperti dilansir PlanetF1.

Wolff tak memungkiri para tim rival ber potensi memberikan kejutan di Belgia. Ia yakin, sepanjang empat pe kan jeda pramusim tim-tim rival, seperti Red Bull, Ferrari, dan Williams, bekerja keras meningkatkan performa mobil masing-ma sing.

Akan tetapi, Wolff optimistis Mercedes mampu menjaga dominasi hingga akhir musim.Salah satu strategi yang bakal diterapkan Wolff pada paruh kedua musim ini adalah team order. Hanya, ia menjamin tim order Mercedes tak akan menghalangi Rosberg dan Hamilton untuk bersaing secara sehat. "Kami juga menginginkan gelar juara kon- struktor. Karena itu, para pembalap tak boleh tabrakan di lintasan," ucapnya.

Kepala tim Ferrari Marco Mattiacci optimistis timnya bakal lebih baik pada paruh kedua. Ia menyatakan, program pengembangan mobil sejauh ini berjalan baik. "Kami perlu meningkatkan performa mobil hingga 360 derajat. Saya optimistis kami mampu," katanya.

Mattiacci memaparkan, saat ini kecepatan Ferrari masih tertinggal 1,2 detik dari Mercedes. Untuk memangkas jarak itu, lanjut dia, memerlukan waktu berbulan-bulan. Tapi, bukan tak mungkin sebuah kejutan terjadi di Spa-Francorchamps, seperti yang terjadi pada balapan terakhir di GP Hungaria.

Sementara, Red Bull justru diterpa isu internal menjelang GP Belgia. Kepala divisi teknis Adrian Newey disebut mengeluh dengan tugasnya yang menumpuk. Secara normal, Newey mestinya memiliki seorang wakil selevel direktur teknis. "Kami tak akan menunjuk seorang direktur teknis. Kami tidak membutuhkannya," tampik kepala tim Red Bull, Christian Horner.

Lintasan Paling Bersejarah di F1

Sirkuit Spa-Francorchamps merupakan salah satu venuepaling bersejarah di kalender Formula 1 (F1). Sirkuit ini telah menggelar Grand Prix sejak tahun 1924. Hingga saat ini, Spa masih punya reputasi sebagai sirkuit terpopuler dan paling disukai, baik oleh pembalap maupun para fan.

Dengan kombinasi trek lurus dan tikungan- tikungan panjang, Spa dikenal sebagai salah satu sirkuit tercepat di panggung F1. Kecepatan rata-rata Spa bisa mencapai 245 kilometer per jam. Ini memberikan tantangan tersendiri, baik bagi para pembalap maupun tim mekanik.

Tantangan lain bagi para pembalap di sirkuit yang terletak di Kota Spa, Belgia, ini adalah soal cuaca yang susah ditebak. Akibat panjangnya yang mencapai tujuh kilometer, Spa kerap diguyur hujan di sebagian lintasan dan kering di bagian lain. rep:adi wicaksono, ed: endro yuwanto

CIRCUIT DE SPA-FRANCORCHAMPS

Panjang : 7,004 kilometer

Tikungan kanan : 10

Tikungan kiri : 9

Jumlah lap : 44

Jarak tempuh : 308,263 kilometer

Lap tercepat : 1 menit 47,263 detik

(Sebastian Vettel/Red Bull, 2009)

10 BESAR KLASEMEN SEMENTARA

1. Nico Rosberg (Jerman/Mercedes) 202 poin

2. Lewis Hamilton (Inggris/Mercedes) 191

3. Daniel Ricciardo (Australia/Red Bull) 131

4. Fernando Alonso (Spanyol/Ferrari) 115

5. Valtteri Bottas (Finlandia/Williams) 95

6. Sebastian Vettel (Jerman/Red Bull) 88

7. Nico Hulkenberg (Jerman/Force India) 69

8. Jenson Button (Inggris/McLaren) 60

9. Felipe Massa (Brasil/Williams) 40

10. Kevin Magnussen (Denmark/McLaren) 37

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement