Sabtu 23 Aug 2014 15:13 WIB

Malaysia Sambut Korban MH17

Red: operator

Warga Malaysia mengenakan pakaian hitam, mengheningkan cipta selama satu menit, Jumat (22/8).Mereka menjalani masa berkabung sehari menandai tibanya 20 jenazah korban kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina bulan lalu.

Bendera setengah tiang dikibarkan dan sampul surat kabar didominasi warna hitam. Pesawat bernomor penerbangan MH17 itu jatuh dihantam rudal pada 17 Juli. Terdapat 298 penumpang dan kru, mayoritas warga Belanda.

Sebanyak 43 warga Malaysia menjadi korban. Raja Malaysia Abdul Halim Mu'adzam Shah dan Perdana Menteri Najib Razak bergabung bersama keluarga korban dan staf Malaysia Airlines di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Olivia Harris/Reuters

Peti Jenazah korban MH17 di bawa menuju ambulans yang terparkir di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (22/8).

 

Mereka menyambut kedatangan pesawat dari Amsterdam, Belanda, yang membawa jasad korban. Pesawat mendarat di Kuala Lumpur pukul 10.00 waktu setempat. Upacara di bandara berselimut keheningan kecuali mesin pe sawat yang masih terdengar menderu.

Sebuah kontingen kecil tentara Ma laysia, berbaris mengawal peti-peti jenazah saat diturunkan dari pesawat.Seluruh peti berbalut bendera Malaysia.Tiga dari 20 jenazah itu telah dikremasi di Amsterdam. Sudah 28 warga Malaysia yang menjadi korban teridentifikasi.

Delapan orang mengenakan pakaian tradisional Malaysia membawa peti jenazah. Mobil jenazah dan helikopter berbaris untuk membawa jenazah ke alamat korban dan kemudian dimakamkan. "Hari ini (kemarin) kita berkabung dan membawa mereka pulang,"ujar Najib.

Anthony Loke, anggota parlemen dari kelompok oposisi mengatakan, Malaysia dipersatukan oleh satu peristiwa duka ini. Jasad dan serpihan MH17 tersebar di ladang bunga matahari di Donestk, Ukraina, lebih dari sepekan.

Setelah itu, baru jasad diterbangkan ke Amsterdam.Oposisi Ukraina yang didukung Ru sia dituding bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat Boeing 777 itu. Lebih dari 200 peti berisi jasad korban sudah berada di Belanda. Namun, penyelidik an atas jatuhnya MH17 terhambat karena pertempuran pasukan Ukraina dan oposisi.

Jatuhnya MH17 berselang empat bulan setelah hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbang an MH370 berpenumpag 239 orang.

Hingga kini jejak pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing, Cina itu belum diketahui.Dalam sebuah pernyataan, Malaysia Airlines mengungkapkan rasa duka mendalam atas tragedi ini. Kejadian tersebut menyisakan kesedihan men da lam bagi keluarga dan rekan penum pang dan kru yang menjadi korban MH17.

"Ini tahun yang berat tetapi hidup harus terus berjalan. Di sini, kami terus mendukung satu sama lain," ujar seorang pramugari Malaysia Airlines sambil memegang mawar putih.

rep: c66/ap/reuters  ed:ferry kisihandi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement