Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Terhindar dari Grup Maut

Jumat 22 Agu 2014 20:00 WIB

Red: operator

JAKARTA - Timnas U-23 optimistis menatap ajang Asian Games 2014 setelah terhindar dari grup maut. Berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan di Incheon, Korea Selatan, Kamis (21/8), skuat Garuda Muda tergabung di Grup E bersama Thailand, Timor Leste, dan Maladewa.

Striker timnas U-23, Yandi Sofyan Munawar, percaya rekan-rekannya bisa finis pada dua besar grup untuk melaju ke babak 16 besar. “Peluang lolos sangat besar. Insya Allah kami yakin bisa maju ke babak selanjutnya,” kata Yandi melalui pesan singkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:AKBAR NUGROHO GUMAY/ANTARA

Pemain Timnas Indonesia U23, Radiansyah (kiri) saling berebut bola dengan pemain Singapura U23, Muhammad Fariz dalam laga ujicoba di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Sabtu (8/6).

 

Pemain yang kini membela klub Australia  Brisbane Roar itu pede karena timnas U-23 sudah pernah bertemu dengan ketiga lawan tersebut. Bayu Gatra dkk berada satu grup dengan Thailand dan Timor Leste di SEA Games 2013. Timnas U-23 juga pernah menjajal kekuatan Maladewa dalam laga final MNC Cup pada 2013.

“Kami sudah tahu kekuatan dan kekurangan calon lawan di Asian Games,” kata Yandi. Di atas kertas, Thailand menjadi tantangan terberat untuk timnas U-23. Pada SEA Games 2013, timnas U-23 selalu menelan kekalahan. Yakni, kalah 1-4 pada fase grup, dan takluk 0-1 pada partai final.

Thailand, ujar Yandi, bermain sangat taktis dan cepat. Thailand mengandalkan sayap dan sesekali menyerang dari tengah. “Serangan balik mereka juga cepat. Tetapi, kalau kita bisa main cepat juga, saya yakin mereka bisa dikalahkan,” ujar Yandi.

Pelatih timnas U-23 Aji Santoso mengakui Thailand menjadi lawan terberat. Namun, Aji tetap optimistis walaupun timnas U-23 punya catatan buruk kontra Thailand. “Saya pelatih yang tidak percaya sejarah. Kemarin (SEA Games 2013) kami kalah, tapi semua kondisi kan selalu berubah. Justru hal itu bisa membuat kami berjuang bagaimana untuk memenangkan pertandingan.

Yang perlu dilakukan saat ini, tambah Aji, adalah untuk terus meningkatkan permainan tim. Aji pun akan meminta tim High Performance Unit (HPU) Badan Tim Nasional (BTN) untuk mencari kekuatan terkini tim lawan.

“Peluang sebenarnya merata. Tapi, kalau melihat saat ini, peluang kami cukup besar untuk bisa lolos fase grup,” tutur Aji.

Winger timnas U-23 Bayu Gatra menambahkan, ia dan rekan-rekannya percaya bisa berbicara banyak pada pesta olahraga negara-negara Asia ini. Selain faktor lawan yang relatif merata, Bayu menilai permainan timnas U-23 semakin meningkat.

“Melihat hasil undian, insya Allah bisa lolos ke fase selanjutnya,” kata Bayu. Bayu bukannya meremehkan lawan. Namun, ia merasa timnas U-23 sudah semakin baik ketimbang saat berlaga pada SEA Games 2013. Winger klub Putra Samarinda ini menilai timnas U-23 lebih kuat dalam penguasaan bola. Kerja sama timnas U-23 dinilainya juga lebih padu. rep:satria kartika yudha ed: israr itah

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA