Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Maher Zein Bakal Meriahkan MTQ Internasional di Palembang

Jumat 22 Aug 2014 15:24 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Maher Zein

Maher Zein

Foto: Yasin Habibi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Maspril Aries

PALEMBANG — Artis internasional asal Swedia, Maher Zein, dijadualkan akan memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, 23-27 September 2014.

''Pada MTQ Internasional kali ini, panitia akan menghadirkan qariah terbaik dunia, Hajar Musraf dari Maroko. Untuk mendukung acara pembukaan, panitia juga mempersiapkan artis internasional asal Swedia, Maher Zein dan grup musik Indonesia, Bimbo serta Wali," ungkap Ahmad Nasjib di Palembang, Rabu (20/8).

Selain dimeriahkan kehadiran artis internasional Maher Zein, Grup Bimbo dan Wali, MTQ Internasional di Palembang juga bakal disemarakkan kehadiran qari internasional dari Palestina.

Panitia sangat mengharapkan kehadiran qari dari Palestina. ''Peserta dari negara Palestina kita harapkan hadir mengikuti MTQ Internasional di Sumsel,'' kata Deputi I Panitia MTQ Internasional Najib Haitami.

Meski situasi negara tersebut sedang dilanda konflik bersenjata dengan Israel, Haitami berharap Palestina tetap dapat mengirimkan wakilnya. Sebab, Palestina telah menyatakan akan ikut serta pada MTQ Internasional kali ini.

"Mereka belum mengirimkan daftar nama peserta atau delegasi yang akan hadir," kata mantan kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumsel ini.

Seperti halnya pada Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013, banyak atlet Muslim dari Timur Tengah yang hadir, khususnya dari negara-negara yang terlibat konflik.

Pekan olahraga itu terbukti bisa menjadi penghibur sekaligus perekat perdamaian di antara negara-negara yang sedang berkonflik.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana MTQ Internasional Ahmad Najib, hingga saat ini, sudah ada 34 negara yang mengonfirmasi keikutsertaannya pada MTQ internasional tersebut.

Mereka berjanji untuk mengirimkan qari dan qariah terbaiknya. "Bahkan, Amerika Serikat (AS) pun telah memberikan konfirmasi untuk mengirimkan satu delegasinya," kata Ahmad Nasjib menerangkan.

Sampai hari pelaksanaan rapat, ungkap Najib, jumlah peserta yang sudah mengirimkan daftar qari dan qariahnya sebanyak 22 negara, ditambah 12 negara yang telah mendaftar, tapi baru akan mengirimkan nama qari dan qariahnya pada 30 Agustus 2014.

"Karena mereka masih seleksi di negaranya masing-masing, insya Allah 34 negara sudah menyatakan ikut. Jumlah qariah yang sudah entry by name itu 47 negara. Tadi terakhir Amerika Serikat mengirimkan satu," ujarnya seraya menjelaskan, panitia akan menghadirkan qariah terbaik dunia, Hajar Musraf dari Maroko.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Rabu (20/8), memimpin langsung rapat panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional yang akan berlangsung di provinsi ini pada 23-17 September 2014.





BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA