Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Persendian Tulang Sering Berbunyi

Kamis 21 Aug 2014 20:00 WIB

Red: Nidia Zuraya

Persendian Tulang Sering Berbunyi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya seringkali merasa bergerak disertai dengan bunyi pada persendian khususnya bagian lutut pada saat beraktifitas dengan kegiatan yang menekuk bagian kaki dan lutut, kenapa ya dok?

Sita (34 tahun)


Jawaban:

Hi bu Sita, kondisi dimana sendi pada lutut berbunyi bisa disebabkan karena beberapa kemungkinan diantaranya adalah terjadi luka pada bagian meniskus atau ligamen lutut, disamping itu bisa juga disebabkan karena pengeroposan tulang (osteoporosis) ataupun pengapuran sendi (osteoarthritis).

Dampak yang kemudian dirasakan adalah turutan rasa nyeri dan sakit yang membuat pergerakan terbatas, dalam kondisi tersebut maka terjadi penurunan kualitas hidup karena sulit beraktifitas bebas, sehingga hal ini membutuhkan penanganan yang sesuai.

Untuk kasus pengapuran sendi atau osteoarthritis dimungkinkan karena terkikisnya sendi di lutut akibat gesekan dalam durasi lama, atau dapat juga disebabkan karena kegemukan (obesitas) atau pernah mengalami trauma (kecelakaan), sedangkan osteoporosis umumnya terjadi diusia 50 tahun ke atas.

Pada persendian kita terdapat selaput sendi yang perlu juga diperiksa terkait dengan keberadaan pelumas yang berfungsi membantu agar gesekan berjalan halus, tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Berbagai kemungkinan ini memerlukandiagnosa fisik untuk melakukan penanganan agar mereduksi potensi perburukan lebih lanjut.


Demikian dapat dijelaskan bu, semoga terbantu.


Dr Andre Sihombing, SpOT
Spesialis Kesehatan Orthopaedi di RS Meilia Cibubur

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA