Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Program Bedah Rumah Dilanjutkan 2015

Kamis 21 Agu 2014 14:14 WIB

Red: Muhammad Hafil

Bedah rumah warga miskin

Bedah rumah warga miskin

Foto: Republika/Aditya Pradana

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG -- Program bedah rumah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan tetap dilaksanakan pada tahun 2015, kata Kepala Bidang Pelayanan dan Pemberdayaan Sosial, Dinas Kesejahteraan Sosial, Pariwisata dan Kebudayaan Tabalong, Kalimantan Selatan, Saleh.

"Tahun 2014 program bedah rumah sebanyak 75 unit untuk keluarga miskin di tiga wilayah kabupaten, selanjutnya pada tahun 2015 juga ditargetkan melayani 75 KK yang diprioritaskan bagi rumah para lanjut usia dan miskin," jelas Saleh di Tanjung, Kamis (21/8).

Realisasi program bedah rumah tahun ini masing-masing di wilayah tengah dengan rincian lima sampai delapan rumah per kecamatan, wilayah utara lima rumah per kecematan dan terbanyak berada di wilayah selatan sebanyak delapan rumah.

Tiap kepala keluarga yang menjadi sasaran program bedah rumah, tambah Saleh, mendapat bantuan dana APBD kabupaten sebesar Rp25 juta untuk satu unit rumah.

"Kegiatan bedah rumah diprioritaskan bagi warga miskin atau para wanita lanjut usia sehingga mereka bisa memiliki tempat tinggal yang lebih layak," jelas Saleh lagi.

Untuk membantu warga miskin atau lanjut usia, Dinas Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan dan Pariwita Tabalong juga melaksanakan program asistensi sosial untuk 168 orang lanjut usia, miskin dan telantar, katanya.

Program yang didukung dana APBN ini, tambah Saleh, diperuntukkan bagi para lansia miskin di tiga kecamatan, yakni Muara Uya, Jaro dan Kelua.

Para lansia miskin mendapatkan bantuan hidup sebanyak Rp200 ribu per bulan hingga akhir hidupnya."Istilahnya bantuan abadi," tambahnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA