Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Ssttt...di Desa Ini Ada Lomba Panjat Pinang Khusus Wanita

Rabu 20 Aug 2014 20:34 WIB

Red: M Akbar

Festival Panjat Pinang

Festival Panjat Pinang

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, PELAIHARI - Warga Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, menggelar lomba panjat batang pinang yang pesertanya berasal dari dari kalangan wanita.

"Lomba panjat pinang bagi wanita dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI 2014 itu, Kamis (21/8) sore atau hari kedua perlombaan," ujar Kepala Desa Panggung Hidayat Nor, di desa tersebut (61 kilometer timur Banjarmasin), Rabu (20/8).

Ia menerangkan, untuk lomba panjat pinang bagi wanita hanya dua batang, tidak sama dengan pria sebanyak 24 batang dengan jumlah peserta per regu empat orang. "Kami sengaja menyediakan lomba panjat pinang bagi wanita itu hanya sedikit karena pesertanya kemungkinan juga tidak banyak. Berbeda dengan pria, sebanyak 24 Rukun Tetangga (RT) di Desan Panggung ikut berlomba," tuturnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan lomba panjat pinang rangkaian memeriahkan HUT ke-69 Kemerdekaan RI itu selama dua hari, mulai 20 Agustus 2014 dengan peserta pria sebanyak 24 regu atau sesuai dengan jumlah RT di Desa Panggung.

"Dalam lomba tersebut, bila dalam waktu tertentu tak bisa naik sampai ke puncak, maka diganti regu berikutnya. Waktu untuk panjat pinang ini waktunya memang kami batasi," katanya.

"Pembatasan waktu tersebut guna memberi kesempatan bagi mereka yang memang cekat dan terampil memanjat batang pinang yang licin, karena dikasih oli dan pelumas," lanjutnya.

Ia mengatakan, khusus lomba panjat pinang bagi wanita tergolong langka. "Lomba panjat pinang ini kami gelar tiap tahun atau menyambut peringatan Hari Kemerdekaan RI," ungkapnya.

"Gelar lomba panjat pinang tersebut sebagai salah satu upaya menjalin kerja sama dan kebersamaan antarwarga Desa Panggung yang tersebar pada 24 RT," demikian Hidayat.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA