Rabu 20 Aug 2014 12:00 WIB

Kapal Penyeberangan Bakauheni - Merak Diresmikan

Red:

PALEMBANG — Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan meresmikan peluncuran KMP (Kapal Motor Penyebrangan) Sebuku, Selasa (19/8). Kapal motor tersebut akan beroperasi melayani penyeberangan di Selat Sunda antara Bakauheni-Merak.

Peresmian itu bertempat di galangan kapal PT Mariana Bahagia di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Kapal yang diresmikan, yakni tipe ro-ro (roll on roll off) dengan bobot 5.000 gigaton (GT). Kapal itu memiliki panjang 109,40 meter dan lebar  19,60 meter. Kecepatan maksimal kapal antara 15 hingga 17 knot.

KMP Sebuku memiliki tempat duduk penumpang kelas VIP sebanyak 18  kursi, penumpang dek terbuka 232  kursi, penumpang dek kursi baring 324 kursi, penumpang kelas kursi sofa  140 kursi, dan penumpang dek kafetaria 98 kursi. Kapal ini juga mampu membawa kendaraan beras jenis trailer sebanyak 26 unit, tronton 10 roda dua unit, truk medium 37 unit, dan kendaraan sedan 77 unit.

KMP Sebuku merupakan kapal kedua yang dibuat dengan biaya dari anggaran Kementerian Perhubungan. Kapal pertama yang diresmikan bernama KMP Legundi yang dibuat di galangan kapal PT Dumas Tanjung Perak Shipyard di Surabaya, Jawa Timur. Akan menyusul peresmian kapal ketiga KMP Batu Mandi yang dibuat di galangan PT Daya Radar Utama di Bandar Lampung. rep:maspriel aries ed: fitriyan zamzami

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement