Rabu 20 Aug 2014 12:00 WIB

Max Verstappen, Calon Pembalap Termuda di F1

Red:

AUSTRIA—Sejarah baru bakal tercipta di arena balap Formula Satu (F1) musim depan. Max Verstappen—anak mantan pembalap F1 Jos Verstappen—bakal mentas di F1 musim 2015 dengan status pembalap termuda sepanjang sejarah balapan bergengsi ini bersama tim Scuderia Toro Rosso.

Max baru-baru ini mengikuti program tim Red Bull Junior. Ia kemudian ditarik Toro Rosso, tim yang dimiliki oleh Red Bull, untuk membalap musim depan. Max yang baru berusia 17 tahun pada 30 September ini, akan menggantikan Jean-Eric Vergne untuk mendampingi pembalap Toro Rosso lainnya, Daniil Kvyat. Bila ia tampil pada GP Australia awal tahun depan, Max akan meruntuhkan rekor Jaime Alguersuari yang membuat debut di F1 pada usia 19 tahun 125 hari, juga bersama Toro Rosso.

Max menjadi juara dunia karting tahun lalu. Ia kemudian berlaga di Formula 3 Eropa bersama Van Amersfoort Racing. Max mengakhiri kompetisi dengan menduduki peringkat kedua, hasil dari delapan kemenangan dari 27 race yang dijalani. Dia juga tampil di Masters of Formula 3 bersama Motopark dan sukses menempati podium pertama.

Max mengatakan bahwa membalap di F1 bagaikan mimpi yang terwujud. "Sejak saya berusia tujuh tahun, F1 telah menjadi tujuan karier saya. Dan ini merupakan kesempatan dari mimpi yang menjadi kenyataan," ungkap Max.

Toro Rosso semakin menegaskan statusnya sebagai tim tempat pematangan pemain muda. Sebab, Kvyat yang baru membalap musim ini juga membuat debutnya pada usia 19 tahun. Kepala Scuderia Toro Rosso Franz Tost mengaku sangat senang bisa menyambut Max untuk masuk ke dalam keluarga Toro Rosso.

"Kami menilai bahwa Max mampu untuk menjadi pembalap muda yang terampil. Kami juga yakin dia mempunyai kematangan serta kekuatan yang diperlukan seorang pembalap dan mengambil semua tantangan nantinya," ungkap Tors, di laman resmi F1, Selasa (19/8). Tost menambahkan, mereka siap memberikan Max mobil yang kompetitif agar dia bisa memiliki awal terbaik untuk kariernya di F1.

Tak lupa, Tost mengucapkan terima kasih kepada Jean-Eric Vergne. Meski harus digantikan oleh Max, Tost berharap agar Vergne tetap tampil baik pada sisa musim ini agar mendapatkan kesempatan tampil di F1 musim depan. rep:c56 ed: israr itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement