Selasa 19 Aug 2014 17:00 WIB
gawang

Gunakan Pemain Ilegal, Rwanda Dicoret dari Piala Afrika

Red:

KAIRO-- Otoritas sepak bola tertinggi Afrika, CAF, telah mendiskualifikasi Rwanda dari Piala Afrika 2015 setelah menggunakan pemain yang memiliki dua paspor. Pemain tersebut adalah Etekiama Agiti Tady.

Hal ini mencuat setelah asosiasi sepak bola Kongo mengajukan protes kepada CAF seusai timnya bertemu Rwanda. Menurut Kongo, Etekiama, selain memiliki paspor Rwanda juga memegang paspor Kongo dengan nama Birori Dady. Etekiama telah bermain untuk Rwanda sejak 2009 dan mewakili negara dalam kualifikasi untuk Piala Dunia 2010 dan 2014. Setelah diselidiki oleh CAF dan mendengar langsung kesaksian pemain yang membela AS Vita Club Kinshasa pada Senin (11/8) di Kairo, Mesir, CAF memutuskan untuk mendiskualifikasi Rwanda karena menggunakan pemain yang tidak sah secara aturan yang berlaku di Afrika. "(Kami) menetapkan bahwa dua identitas hanya disebut satu orang," bunyi pernyataan CAF, seperti dilansir //the Guardian//, Senin (18/8).

Menurut laman resmi CAF, badan sepak bola tertinggi di Rwanda, Ferwafa, mengatakan bahwa pihaknya merasa kecolongan dengan identitas ganda yang menimpa pemainnya. Sepengetahuan Ferwafa, pihaknya menegaskan bahwa pemainnya itu hanya memiliki satu identitas dengan nama Birori Dady. Dengan didiskualifikasinya Rwanda, Republik Kongo, ketiban untung karena ditunjuk CAF sebagai pengganti Rwanda. Rwanda menjadi tim ketiga yang didiskualifikasi CAF, sebelumnya Equatorial Guinea dan Gambia didiskualifikasi karena menurunkan pemain tidak memenuhi syarat.

rep:c84 ed:israr itah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement