Ahad 17 Aug 2014 21:51 WIB

Persipura Ikuti Upacara Kemerdekaan RI di Kuwait

Pemain Persipura
Foto: Antara
Pemain Persipura

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Sebanyak 21 pemain, pelatih, manejer dan pengurus Persipura Jayapura, mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kuwait, Ahad pagi waktu setempat.

"Ikut upacara kemerdekaan RI merupakan momen yang sangat langka dalam karir sepak bola saya di Indonesia. Ini baru pertama kali bagi saya dan melakukannya di negeri orang," kata pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago dalam rilis yang juga diterima Antara di Jayapura, Minggu malam.

Upacara ini merupakan yang pertama dalam hidup pelatih berkebangsaan Brazil itu.

"Selama 20 tahun saya berkarir di Indonesia dan ini merupakan yang pertama kalinya saya ikuti upacara kemerdekaan bangsa Indonesia. Saya bangga sekali, dapat hadir di tengah-tengah warga Indonesia di negeri orang untuk mengikuti upacara bendera 17 Agustus," katanya.

Jacksen yang pernah melatih timnas senior itu bersama Rahmad Darmawan, menyatakan ingin mewakili anaknya, Hugo yang lahir dari wanita Indonesia dan telah menjadi warga negara Indonesia mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Saya mewakili anak saya Hugo, yang sudah jadi warga negara Indonesia ingin menypaikan harapan semoga bangsa Indonesia selalu makmur, merdeka dalam semua aspek olah raga, sosial, seni dan budaya, serta kesehatan," katanya.

Ferinando Pahabol, salah satu pemain Persipura Jayapura merasa bangga dapat ikuti upacara HUT kemerdekaan RI di negara orang.

"Ini sesuatu yang sangat luar biasa dalam hidup saya. Saya bangga jadi orang Indonesia, karena mampu bisa ikuti upacara di negara orang," katanya.

Dalam rilis itu, Kepala KBRI untuk Kuwait Ferry Adamhar menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim Persipura Jayapura ditempatnya dan mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI.

"Ini suatu kehormatan bagi kami dapat menyelenggarakan upacara bendera bersama tim Persipura Jayapura. Persipura ada di sini bukan hanya membawa nama baik Papua tetapi jauh dari itu bangsa dan negara Indonesia. Sehingga, sudah selayaknyalah kami perwakilan negara di sini mengundang mereka untuk ikuti upacara bendera," kata Ferry.

Ferry juga mengakui bahwa dalam kurun waktu 10 terakhir, baru kali ini upacara HUT kemerdekaan RI diikuti oleh salah satu tim sepak bola terbaik Tanah Air.

Untuk itu, Ferry, mengharapkan dalam pertandingan nanti Persipura bisa meraih kemenangan dari tim tuan rumah Kuwait SC.

" Harapan saya, dengan adanya kami disini warga negara Indonesia. Tim Persipura merasa termotivasi untuk meraih hasil positif dan kami akan berikan dukungan langsung nanti di lapangan," katanya.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-69 berlangsung singkat di dalam ruangan kecil yang diikuti pegawai KBRI bersama wrga Indonesia yang bekerja di Kuwait City Kawasan Kaifan dan tim Persipura.

Dalam upacara itu dibacakan teks proklamasi, UUD 1945, Pancasila dan peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement