Ahad 17 Aug 2014 21:40 WIB

Perahu Hias dan Bidar Warnai Kemeriahan HUT RI di Sungai Musi

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman
Sungai Musi
Foto: ant
Sungai Musi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sungai Musi yang membelah Kota Palembang tidak hanya menjadi urat nadi transportasi air dan tempat berputarnya roda ekonomi. Pada Ahad (17/8), sungai ini  berubah penjadi panggung sekaligus pentas menampilkan semangat kemerdekaan Republik Indonesia yang berulangtahun ke-69.

Di bawah terik matahari siang ribuan warga mulai memadati tepi sungai Musi di sekitar jembatan Ampera, sebagian besar dari warga yang datang berkumpul di pelataran benteng Kuto Besak atau warga kerapnya menyebutnya “BKB.” Mereka datang untuk menyaksikan sebuah pesta kemerdekaan.

Pesta kemerdekaan yang dikoordinasikan Pemerintah Kota Palembang dengan air sungai Musi sebagai panggung utama, Ahad siang (17/8) menyuguhkan beragam atraksi yang menghibur.

Apriyadi warga Kertapati mengaku sengaja hadir ke BKB untuk menyaksikan berbagai atraksipada perayaan HUT RI kali. “Aku ke sini mau jingok langsung lomba bidar dan perahu hias,” katanya.

Banyak warga yang mengaku sengaja datang untuk melihat perlombaan di sungai Musi dan plaza BKB. Warga tidak peduli dengan cuaca panas, banyak diantara warga yang menggunakan payung untuk menyaksikan pacu perahu bidar dan perahu hias di sungai Musi.

Hampir setiap tahun pada perayaan HUT RI atau perayaan HUT Kota Palembang, lomba perahu hias dan lomba pacu perahu bidar adalah perlombaan yang menjadi paket wajib yang selalu diadakan di sungai Musi dan BKB. Juga pada waktu yang bersamaan diadakan lomba panjat pinang.

Menurut Rizal warga Bukit Lama, “Perayaan HUT RI di Palembang memiliki suatu khas dan berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia. Jika di kota lain setiap HUT RI ada pawai atau lomba mobil hias, maka di Palembang yang ada pawai atau lomba perahu atau kapal hias yang diikuti instansi pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta. Perahu hias ini berlomba dengan mengarungi sungai Musi.”

Ribuan warga yang menyaksikan atraksi HUT RI di BKB juga terlihat berkumpul di atas jembatan Ampera ikut menyaksikan atraksi di sungai Musi tersebut. Tak urung antusiasi warga yang menyaksikan dari atas jembatan membuat lalu lintas di atas jembatan menjadi macet selain banyaknya warga yang berkumpul ada juga warga yang memarkirkan sepeda motornya di tepi jalan di atas jembatan. Menyaksikan lomba dari atas jembatan Ampera memang membuat pemandangan yang disaksikan lebih luas.

Berbagai lomba di sungai Musi dan plaza BKB sudah berlangsung sejak Sabtu (16/8). Sebelumnya sudah dilakukan lomba gerak jalan dan lomba perahuk ketek (kapal penumpang) hias yang diikuti para awak perahu ketek yang setiap hari mencari nafkah dengan mengangkut penumpang mengarungi sungai Musi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement