Sabtu 16 Aug 2014 21:00 WIB

Gary Lineker Sukses Berkecimpung di Dunia Televisi

Red: operator

Dunia presenter dan komentator memang menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa mantan pesepak bola untuk melanjutkan karier. Salah satu contoh sukses di bidang ini adalah mantan striker tim nasional Inggris yang kini menjadi penyiar di BBC1 Gary Lineker.

Menghabiskan 16 tahun sebagai pesepak bola profesional, man tan pemain Everton dan Barcelona ini sudah mulai aktif menjadi presenter televisi sejak 1994.

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto:Martial Trezzini/AP

Gary Lineker

 

Lineker mengawali karier sebagai komentator sepak bola di BBC Radio 5 Livesebelum mempunyai program acara sendiri yang ber judul "Match of the Day" pada 1995 hingga 2003.

Selain sebagai presenter dan komentator sepak bola, Lineker ternyata juga pernah mencoba menjadi presenter olahraga lain di program acara "BBC's Golf". Meskipun banyak mendapat kritik dari berbagai pihak, pria yang juga pernah membela Totenham Hotspur ini terus memberikan dedikasinya kepada BBC.

Bahkan, di sana ia mengasah kemampuan berbahasa asingnya dengan mencoba mewawancarai pegolf terkenal asal Argentina, Andres Romero.

Lineker juga pernah menjadi presenter program acara televisi dalam serial "Gol den Boots" yang terbagi da lam enam seri. Acara ini mem bahas Piala Dunia dan memfokuskan beritanya mengenai sosok pen cetak gol terbanyak di ajang itu.

Dunia televisi memang sudah sangat akrab dengan Line ker. Bahkan, ia pernah tampil di acara "Who Wants to Be a Millionaire?" bersama pemain pemain rugbi Inggris Austin Hea ley dan berhasil memenangkan uang senilai 50 ribu poundsterling atau sekitar Rp 550 juta. Hadiah itu ia sumbangkan untuk yayasan Nicholls Spinal Injury Foundation.

Lineker kemudian beralih menjadi kolumnis di surat kabar mingguan Telegraphpada 2005 hingga 2010. Pria yang pernah membawa Inggris di posisi keempat pada Piala Dunia 1990 itu banyak melontarkan kritik terkait masalah sepak bola melalui jalur ini.

rep:c79, ed:endro yuwanto

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement