Sabtu 16 Aug 2014 21:00 WIB

Pincang di Laga Tegang

Red: operator

Indra kemungkinan bakal melakukan rotasi, salah satunya di posisi penjaga gawang.

Sudah jatuh tertimpa tangga! Peribahasa ini rasanya tepat untuk menggambarkan perjuangan tim nasional (timnas) U-19 Indonesia pada laga keempat turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HB) 2014 kontra Kamboja U- 21 di Stadion Hassanal Bolkiah Stadium, sore ini.

Skuat Garuda Jaya tidak hanya membutuhkan kemenangan untuk membuka peluang lolos ke semifinal.Evan Dimas dan rekan-rekannya juga butuh keajaiban lantaran baru memetik satu poin dari tiga pertandingan, hasil dari satu kali imbang dan dua kali kalah.

Nahasnya, di laga genting seperti ini, timnas U-19 bakal tampil pincang. Dua pilar andalan yakni bek Sahrul Kurniawan dan gelandang Paolo Sitanggang harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Pelatih Indra Sjafri mengaku belum mengetahui siapa yang bakal ditugaskan menggantikan posisi kedua pemain tersebut.

Di lini belakang, peran Sahrul tak tergantikan.

Absennya Sahrul bakal semakin mengeroposkan lini pertahanan timnas U-19 yang pada turnamen kali ini tampil cukup solid. "Untuk pertandingan lawan Kamboja, kami harus menunggu hasil evaluasi dan kondisi terakhir pemain," kata Indra.

Timnas U-19 patut cemas dengan absennya Sahrul.

Bagaimana tidak, bek pelapis Ryuji Utomo sejauh ini belum tampil padu dengan Hansamu Yama. Apalagi, Ryuji belum pernah diturunkan pada ajang ini.

Di lini tengah, kekuatan timnas U-19 pun berkurang dengan absennya gelandang enerjik Paolo Sitanggang.Masalahnya, gelandang Zulfiandi yang sejauh ini bersaing sengit dengan Paolo dan Hargianto untuk menemani Evan Dimas, terkena cedera pada laga pertama kontra Malaysia U-21. "Kami juga masih menunggu data medis mengenai pemain yang cedera," kata Indra menambahkan.

Timnas U-19 saat ini terpuruk di peringkat lima klasemen dengan torehan satu poin. Meski peluang belum tertutup, namun cukup mustahil bisa lolos ke semifinal mengingat ketatnya persaingan poin di posisi empat besar: Malaysia (7 poin), Vietnam (6), Brunei (6), dan Kamboja (6). Hanya ada dua tim yang berhak maju ke fase gugur.

Indra Sjafri pun kemungkinan bakal melakukan rotasi di beberapa posisi. Di posisi penjaga gawang, kiper Ravi Murdianto sepertinya bakal dicadangkan karena tampil buruk lantaran kebobolan enam gol pada dua laga kontra Brunei U-21 dan Vietnam U-19. Praktis, Awan Setho yang akan mendapat kesempatan untuk turun sebagai starter. Striker Muchlis Hadi juga berpeluang untuk digantikan oleh striker Dimas Drajat yang lebih tampil apik walaupun selalu turun sebagai pemain pengganti pada dua laga terakhir.

Di kubu lawan, Kamboja sudah pasti bakal bertem- pur habis-habisan meraih tiga poin karena memiliki peluang yang sama dengan Vietnam dan Brunei untuk lolos ke semifinal. "Kami akan berjuang mati-matian,"tegas pelatih Kamboja, Lee Tae-Hoon dilansir Brunei Times.rep: Satria Kartika Yudha  ed:endro yuwanto

Siaran Langsung

Sabtu (16/8)

Pukul 14.30 WIB

INDONESIA

AWAN SAHRUL FATCHUROHMAN PUTU, HANSAMU HARGIANTO MALDINI EVAN ICHSAN KURNIAWAN DIMAS ILHAM

KAMBOJA

SAMOEUN SOKSANA KOUCH S UDOM HOY THOUNG DA UM VICHET SUHANA NGOY SRIN SOVAN CHHOEUN

KLASEMEN HBT 2014:

Grup A

Myanmar 3 3 0 0 9-5 9

Thailand 3 2 0 1 9-3 6

Laos 2 0 1 1 4-5 1

Filipina 2 0 1 1 2-4 1

Timor Leste 2 0 0 2 1-8 0

Grup B

Malaysia 3 2 1 0 3-0 7

Vietnam 3 2 0 1 7-3 6

Brunei 3 2 0 1 6-3 6

Kamboja 3 2 0 1 4-2 6

Indonesia 3 0 1 2 2-6 1

Singapura 3 0 0 3 2-10 0

Skenario Timnas U-19 Lolos ke Semifinal HBT 2014:

-Pada dua laga terakhir, Indonesia harus menang dengan skor besar.

-Indonesia mengalahkan Kamboja, Brunei menaklukkan Vietnam, Singapura membungkam Malaysia.

-Kemudian Indonesia mengalahkan Singapura, Brunei membungkam Malaysia, dan Kamboja bermain imbang melawan Vietnam.

-Brunei akan lolos sebagai juara Grup B dengan nilai 12, sedangkan Indonesia, Vietnam, dan Kamboja yang sama- sama mengumpulkan nilai tujuh. Jika Brunei lolos, tim lain yang lolos akan dihitung berdasarkan selisih gol untuk menjadi runner-up.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement