Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan pada 2030 (3-Habis)

Kamis 14 Aug 2014 19:05 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar

Masayoshi Son, Presiden Direktur perusahaan Jepang ‘SoftBank’, mengenalkan robot berkarakter manusia ‘Pepper’ di Tokyo

Masayoshi Son, Presiden Direktur perusahaan Jepang ‘SoftBank’, mengenalkan robot berkarakter manusia ‘Pepper’ di Tokyo

Foto: AFP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerjaan Anda bisa saja tampak nomal saat ini. Namun, dalam 15 tahun ke depan, mungkin saja pekerjaan Anda saat ini tak lagi dibutuhkan. Ya, bisa dikatakan manusia harus mencari pekerjaan lain ketika teknologi dan robot mengambil alih profesi Anda saat ini.

The Canadian Scholarship Trust mencoba memproyeksikan pekerjaan paling menjanjikan pada 2030 nanti, berdasarkan tren lingkungan, sosial, dan teknologi. Berikut pemaparannya, dilansir dari Fast Coexist, Kamis (14/8).

7. Konselor robot
Ketika robot mengambil semua pekerjaan manusia, maka seseorang haruslah mengawasi mereka. Konselor robot membantu pelanggan potensial mengetahui persis tentang robotnya atau bisa dikatakan pengasuh robot.

Jika robot baru yang dibeli tidak pas atau menyebabkan konflik, maka konselor robot akan membantu memperbaiki mereka ke kondisi normal.

8. Ahli Fleksibilitas
Masa depan identik sekali dengan fleksibilitas atau kesederhanaan. Ahli fleksibilitas ini akan membantu Anda menyederhanakan segala hal untuk menjelalaji segala kemungkinan atau sesuatu yang rumit.

Dia khusus disewa untuk mempermudah sebuah operasi bisnis, mengurangi panggilan telepon, mengurangi dokumen yang tidak perlu, bahkan mengurangi hari kerja yang terbuang percuma.

9. Ahli tenaga surya
Ahli tenaga surya akan menciptakan berbagai  teknologi yang berbasis energi surya. Energi fosil pada 2030 nanti mungkin akan sangat tipis dan perlahan habis. Saat itu, energi alternatiflah yang akan memegang peranan penting dimasa depan sebab jumlahnya sangat melimpah.

Semakin banyak orang dan perusahaan yang akan memanfaatkan energi alternatif dengan menggunakan tenaga surya, misalnya desainer panel surya.

10. Tele-dokter
Tele-dokter alias dokter bedah jarak jauh menjadi salah satu profesi brilian yang dibutuhkan dimasa depan. Orang tidak harus terbang ke Amerika untuk melakukan sebuah operasi, sebab dokter-dokter dengan bantuan tenaga robotiknya kelak bisa melakukan operasi dari jarak jauh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA