Kamis 14 Aug 2014 14:48 WIB

6 Jenis Sepatu Hak Tinggi yang Wajib Ada di Rak Sepatu

Sepatu hak tinggi
Sepatu hak tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki satu atau dua pasang sepatu sepertinya tidak cukup bagi banyak wanita – terlebih sepatu hak tinggi. Beda penampilan, beda pula hak tinggi yang dibutuhkan. Berikut enam jenis sepatu hak tinggi berikut cara memadupadankannya seperti dilansir Aquila-style.

1. Stiletto

Dengan hak tinggi yang runcing dan tipis, stiletto adalah jenis sepatu hak tinggi yang sering dianggap menyempurnakan penampilan seorang perempuan menjadi lebih feminin. Stiletto juga memberi kesan formal, sehingga cocok dipadupadankan dengan kemeja dan celana kerja.

Namun di balik penampilannya yang feminin dan menggoda, stiletto yang terlalu tinggi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan kaki. Selain dapat membuat pemakainya tersandung, stiletto juga dapat membuat kaki terkilir dan mudah memerah. Stiletto yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan saraf kaki terjepit. Pilihlah stiletto dengan tinggi tidak lebih dari dua atau tiga inci.

2. Wedges

Berbeda dengan stiletto, wedges adalah jenis sepatu berhak tinggi dan tebal, sehingga hak menutupi sol sepatu dari bagian depan atau tengah hingga belakang. Dengan bentuk hak tinggi yang tumpul, wedges merupakan pilihan yang tepat untuk dikenakan saat menghadiri pesta luar ruangan seperti pesta taman karena haknya yang tidak akan menyangkut di rumput atau tanah. Wedges juga memberikan kesan santai bagi penggunanya, sehingga lebih cocok untuk digunakan dengan pakaian santai dibandingkan dengan pakaian yang formal.

3. Kitten Heels

Kitten heels adalah sepatu dengan hak tinggi yang memiliki ukuran relatif pendek, yaitu sekitar 1,5 inci. Sepatu hak tinggi jenis ini merupakan pilihan yang aman untuk penggunaan sehari-hari karena berkesan elegan dan feminin, namun haknya tidak terlalu tinggi. Sepatu jenis ini cocok untuk dikenakan di kantor, namun juga pas untuk acara sesudah jam kantor. Hindari mengenakan kitten heels bersama dengan celana besar longgar, karena akan membuat kaki terlihat lebih besar dan pendek.

4. Platform

Bagi yang ingin menambah ketinggian hingga beberapa sentimeter, platform adalah jawabannya. Platform adalah jenis sepatu yang memiliki hak tinggi runcing seperti stiletto namun dengan tambahan sol tebal pada bagian depan sepatu.

Pada dasarnya, platform bisa dikombinasikan dengan berbagai macam busana. Tampilan sporty, santai, maupun elegan dapat dipadukan dengan sepasang platform. Satu-satunya hal yang harus dihindari adalah penggunaan platform bersama dengan rok atau gaun yang panjang dan ketat, karena akan membuat tubuh terlihat lebih besar.

5. Peep-toe heels

Peep-toe heels adalah sepatu hak tinggi yang memiliki bagian depan terbuka, sehingga memperlihatkan jari-jari kaki Anda. Sebelum mengenakan jenis sepatu ini, pastikan kuku kaki telah dibersihkan dan dirapikan.

Serupa dengan kitten heels, peep-toe adalah jenis sepatu yang cocok untuk segala acara. Untuk acara formal atau ke kantor, pilihlah peep toe dengan hak yang sedikit rendah dan padukan dengan stoking hitam dan rok kerja untuk menciptakan penampilan kantor yang formal sekaligus bergaya.

Peep-toe juga cocok bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan hak tinggi. Bagian depannya yang terbuka memberi tekanan yang lebih sedikit dibandingkan hak tinggi tertutup sehingga terasa lebih nyaman.

6. Boots heels

Berbeda dengan peep-toe yang memiliki bagian terbuka, boots heels adalah hak tinggi yang cenderung tertutup, karena bentuknya yang terkadang menutupi hingga di atas mata kaki. Bagi yang suka terlihat berani dan unik, sepatu ini cocok bagi Anda.

Dengan sepatu yang sudah menarik perhatian, Anda tidak perlu bersusah payah menciptakan penampilan yang menarik. Cukup dengan atasan sederhana seperti blus dan celana jins, Anda akan terlihat berani sekaligus elegan. Hindari penggunaan aksesoris berlebihan karena hanya akan mengurangi perhatian dari sepatu bot hak tinggi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement