Rabu 13 Aug 2014 12:58 WIB

Pakar: Kecerdasan Emosi Pengaruhi 80 Persen Kesuksesan

Pelatihan ESQ
Foto: Antara
Pelatihan ESQ

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar psikologi Dr Rosemini mengatakan, faktor kecerdasan emosi memberikan pengaruh 80 persen pada kesuksesan seseorang, sementara faktor kecerdasan intelektual atau IQ hanya 20 persen.

"Orang sukses di masyarakat sangat dipengaruhi faktor yang lain selain kecerdasan," kata pakar yang biasa disapa Bunda Romi dalam talkshow mengasah kecerdasan emosi untuk kesuksesan di masa depan di Jakarta, Rabu (13/8).

Bunda Romi menjelaskan, EQ adalah kemampuan seseorang untuk mengekspresikan emosinya serta kemampuan untuk mengendalikannya. Dia merincikan ada lima dimensi untuk mengelola kecerdasan emosi yaitu pertama manusia wajib tahu apa emosi yang sedang dirasakannya.

"Kalau sekarang banyak yang galau, galau itu apa, tidak jelas. Jadi harus bisa mendeteksi emosinya sendiri apakah lagi sedih, senang, atau marah," katanya.

Setelah mengetahui emosi yang dirasakan, maka kedua adalah harus bisa mengontrol emosi tersebut sebab jika tidak bisa mengendalikan akan sulit bergaul.

Ketiga, harus memotivasi diri sebab jika tidak bisa akan menjadi orang yang apatis dan mudah putus asa.

Keempat, mampu mengenali emosi orang lain sebab jika tidak mampu memahami orang lain akan sulit rukun dan hidup harmonis. Kelima, bagaimana membangun hubungan antar manusia.

"Kalau orang pintar tapi tidak punya hubungan baik dengan orang lain maka kesuksesan akan lambat datang," tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement