Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Banten Gelar Musabaqah Kitab Kuning (1)

Selasa 12 Aug 2014 18:39 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Kitab Kuning

Kitab Kuning

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten menggelar Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) yang diikuti ratusan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Banten.

Kepala Bidang Pendidikan Keagamaan dan Agama Islam (Pakis) Kemenag Banten H Mahfudin mengatakan, kegiatan MQK yang digabungkan dengan debat bahasa serta Pesantren Fair diikuti sekitar 440 orang peserta dari perwakilan ponpes di delapan kabupaten/kota se-Banten.

"Kami akan menyiapkan peserta terbaik untuk mewakili Banten di MQK tingkat nasional di Jambi 1 September 2014," kata Mahfudin seusai membuka kegiatan tersebut, Senin (11/8).

Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membiasakan dan menumbuhkan kecintaan para santri dalam mempelajari kitab kuning.

Sebab, dalam musabaqah ini akan dilombakan sejumlah materi seperti nahwu sorof, balaghah, fikih, dan materi lain dalam kitab kuning.

"Harapan kami santri bisa memaknai, memahami dan mengimplementasikan kandungan kitab kuning tersebut. Kami juga berharap para santri mampu menangkal dan mengantisipasi berbagai isu seperti yang berkembang saat ini terkait ISIS," kata Mahfudin.


sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA