Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Ini Keuntungan Menggunakan Produk Dalam Negeri

Selasa 12 Aug 2014 12:56 WIB

Rep: Elba Damhuri/ Red: Nidia Zuraya

Pengunjung melihat produk-produk karya produsen lokal di Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2014, di Bandung, Sabtu (24/5).

Pengunjung melihat produk-produk karya produsen lokal di Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2014, di Bandung, Sabtu (24/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak keuntungan yang bisa diraih jika menggunakan produk dalam negeri. Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Indak Sukmaningsih mengatakan dari sisi ekonomi akan mendongkrak produksi dan pendapatan per kapita.

Penggunaan produk-produk dalam negeri, kata Indah, akan meningkatkan kapasitas produksi industri baik kecil, menengah, dan besar. Kenaikan kapasitas produksi ini jelas akan memberi dampak positif pada peningkatan pendapatan dan pembukaan lapangan kerja.

"Yang terjadi, peluang dan lapangan kerja makin luas dan pendapatan masyarakat bisa menjadi lebih baik," kata Indah dalam perbincangan dengan Republika baru-baru ini.

Investasi pun akan meningkat jika permintaan produksi barang bertambah. YLKI memandang ini merupakan gejala bagus bagi perekonomian bangsa secara umum.

Karena itu, YLKI mendorong warga Indonesia untuk menggunakan produk-produk dalam negeri di tengah terpaan deras produk impor. Menurut Indah, tidak sedikit produk Indonesia yang mampu bersaing dan masuk pasar global, mulai dari tekstil, makanan, elektronik, hingga komputer.

Daya saing memang menjadi persoalan serius yang harus dijawab pemerintah dan produsen di Tanah Air. Indah mengatakan agar bisa terus berkibar maka daya saing produk-produk Indonesia harus diangkat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA